Selasa, 02 April 2013

Efek Komputer Terhadap Mata Anak



Efek Komputer Terhadap Mata Anak sebaiknya menjadi pertimbangan para orang tua untuk tidak membiarkan anak-anaknya berlama-lama di depan komputer. Semakin gencar gadget diperkenalkan di kalangan anak-anak membuat para orang tua tidak menyadari akan bahayanya pada anak. Orang tua yang tidak mengerti banyak tentang bahaya gadget pada anak akan menuruti semua keinginan anaknya untuk mendapatkan semua gadget yang diinginkannya dengan alasan bahwa anak zaman sekarang memang harus mengikuti arus perkembangan zaman. Ini adalah anggapan yang salah kaprah, banyak sekali keburukan yang akan diterima anak jika terlalu sering menggunakan gadget.

Kepemilikan gadget pada anak-anak memang bukan larangan, namun alangkah baiknya jika orang tua dapat membatasi penggunaan gadget tersebut. Gadget bukanlah “hadiah yang baik” untuk anak anda. Dampak Buruk Komputer Pada Mata Anak Anak zaman sekarang sering sekali menghabiskan waktunya di depan komputer. Browsing internet dan bermain game membuat anak sulit sekali bangun dari duduknya. Inilah yang membuat mata menjadi lelah. Menatap layar komputer berjam-jam akan membuat mata lelah. Mata juga membutuhkan istirahat dari melihat cahaya yang dipancarkan komputer. Ketika memang harus menatap layar komputer dalam waktu yang lama, sebaiknya biarkan mata beristirahat dengan melihat pemandangan luar rumah misalnya tanaman dan pohon sesekali. Ini akan mengistirahatkan mata dari kelelahannya. Mata akan rusak jika menatap kepada layar yang lebih terang dari cahaya sekitar. Karena itu sebaiknya atur cahaya sekitar lebih terang dari cahaya yang dipancarkan komputer. Efek Komputer Terhadap Mata Anak sebaiknya dicegah sebelum benar terjadi. Jangan menatap layar komputer terlalu dekat, berikan jarak agar mata tidak terlalu dekat menatapnya.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Terlalu Sering Menggunakan Komputer?
Komputer memang membuat anak lebih kreatif dengan berbagai aplikasi yang bisa digunakan. Komputer juga adalah alat elektronik yang sangat dibutuhkan manusia, namun bagaimanapun juga komputer memiliki sisi buruk yang dapat anda terima. Karena itu sebaiknya anda ataupun anak-anak dapat menggunakan komputer sesuai dengan kebutuhan dan tetap menjaga kesehatan anggota tubuh anda, khususnya mata yang memang berhubungan langsung dengan komputer.
Berikut tips sederhana yang bisa anda lakukan :
  • Pemberian jadwal pada anak dalam menggunakan komputer adalah cara yang efektif agar anak tidak terlalu sering menggunakan komputer. Sebaiknya anak diberikan waktu tidak lebih dari 90 menit sehari dalam menggunakan komputer.
  • Berikan penjelasan kepadanya bahwa terlalu lama di depan komputer bukanlah hal yang baik untuk kesehatan mata, dia akan mengerti mengapa anda melarangnya menggunakan komputer terlalu lama.
  • Carilah cara lain yang menyenangkan untuk bersenang senang bersama anak-anak anda, sehingga anak tidak terlalu banyak menggunakan komputer. Dengan bermain bersama anak, ini akan membuat hubungan anda dan anak anda semakin dekat.
Jika dibandingkan dengan bermain komputer, anak akan sangat sulit disuruh berhenti, bahkan sulit untuk disuruh makan. Bermain game di komputer adalah candu yang membuat anak sangat sulit lepas darinya. Sebaiknya anda mengetahui betul Efek Komputer Terhadap Mata Anak dan memberikan penjelasannya dengan baik kepada anak anda agar dia sadar banyak keburukan yang akan diterimanya jika dia terlalu lama di depan komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates