Selasa, 02 April 2013

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Trimester 2



Memasuki trimester 2, terjadi berbagai perubahan yang dialami ibu hamil, baik perubahan fisik maupun perubahan psikologis. Salah satu perubahan fisik yang dialami adalah perut yang semakin membesar, sehingga berat badan pun ikut bertambah. Perubahan ini tak jarang membuat kaki ibu hamil mejadi bengkak. Kaki bengkak terjadi akibat kurang lancarnya peredaran darah balik, penumpukan cairan selama kehamilan serta beban pada kaki yang semakin berat akibat perut yang membesar.
Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:
  1. Lakukan olah raga ringan, seperti jalan kaki misalnya. Kegiatan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.
  2. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama. Hal ini menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar.
  3. Kurangi konsumsi garam.
  4. Jaga berat badan agar tetap ideal. Pertambahan berat badan per minggu tidak boleh lebih dari setengah kilogram. Jika berat badan tidak terkontrol, maka beban pada kaki juga semakin bertambah, sehingga bengkak pada kaki akan semakin parah.
  5. Letakkan kaki pada posisi lebih tinggi dari tubuh saat tidur. Hal ini bertujuan memperlancar peredaran darah balik dan mengurangi penumpukan cairan pada kaki.
  6. Jika bengkak pada kaki terasa nyeri, sebaiknya kompres dengan menggunakan air hangat. Air hangat berfungsi melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan bengkak akan berkurang.
  7. Gerakkan kaki memutar ke depan-belakang atau kesamping. Gerakan ini dapat mengurangi bengkak pada kaki.
  8. Pakailah stocking agar beban tidak bertumpu pada tungkai.
  9. Jangan gunakan sepatu atau sandal dengan tumit tinggi. Selain menghambat peredaran darah dan menyebabkan kaki lelah, juga beresiko membuat Anda terjatuh.
  10. Istirahat  yang cukup setiap harinya.
  11. Lakukan pijatan pada telapak kaki dengan menggunakan baby oil.
Namun, Anda tetap harus mewaspadai bengkak pada kaki karena bengkak kaki yang berlebihan bisa jadi gejala penyakit jantung atau salah satu tanda terjadinya preeklampsi(keracuna kehamilan). Jadi sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter jika kaki bengkak yang Anda alami semakin parah.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates