Selasa, 02 April 2013

Panduan Membawa Bayi Naik Pesawat



Tentu sangat menyenangkan bila Anda pergi berlibur bersama seluruh keluarga. Tapi ketika Anda membawa bayi turut serta dalam perjalanan jauh menggunakan pesawat, artikel panduan saat membawa bayi naik pesawat ini mungkin dapat menjadi referensi atau ide supaya perjalanan menjadi menyenangkan.

Beberapa Panduan Dasar Membawa Bayi Naik Pesawat
  1. Rencanakan Perjalanan sedini mungkin sehingga Anda dapat memesan kursi di barisan yang optimal sehingga dapat memberi kenyamanan bagi keluarga serta penumpang lain. Tanyakan kebijakan maskapai yang akan digunakan tentang ketentuan jika membawa serta bayi. Jika perjalanan memakan waktu yang cukup lama, ada baiknya jika memesan kursi tambahan untuk  buah hati anda, sehingga ada ruang lebih untuk sang ibu dan bayi yang memberikan kenyamanan. Juga pilih jam keberangkatan yang disesuaikan dengan waktu tidur bayi anda, sehingga anak anda bisa tidur dengan tenang.
  2. Pilih tempat duduk didekat sisi lorong, karena lorong memudahkan aktivitas kita jika keluar masuk saat ketoilet bersama si kecil atau saat hendak menenangkan bayi anda.
  3. Pilihan tempat duduk didepan kabin juga sangat dianjurkan, karena akan ada ruang lebih untuk kaki anda, juga terhindar dari suara bising mesin pesawat, tidak dianjurkan untuk bagi bayi dan anak anda untuk duduk dekat emergency exit.
  4. Bawalah tas ransel untuk dibawa kedalam kabin dan isilah dengan keperluan yang mungkin sewaktu-waktu dibutuhkan sikecil. Bawalah baju ganti, diapers, tisu basah, tisu kering, handuk kecil, minyak telon, kantong plastik kecil, susu dan makanan ringan didalam tas ransel tersebut. Batasi isi dan berat tas, supaya memudahkan ruang gerak anda saat berada dibandara maupun didalam kabin.
Kapan Ba yi Boleh Terbang?
Sebaiknya bayi anda diajak terbang untuk pertama kali adalah saat dia berusia minimal 3 bulan. Karena diusia tersebut pertumbungan bayi sudah optimal dan sudah bisa mengadaptasi perubahan lingkungan sekitarnya sehingga resiko bayi stress karena perubahan lingkungan dapat dikurangi. Jika bayi berusia kurang dari 3 bulan, bayi anda masih rentan terhadap pengaruh perubahan lingkungan juga masih rentan terhadap kuman dan bakteri  yang terdapat dalam ruang kabin pesawat. Beberapa hari sebelum kebernagkatan ada baiknya untuk memeriksakan kesehatan dan kesiapan bayi anda pada dokter anak anda, sehingga dapat direkomendasikan kesiapan anak anda untuk terbang.

Saat Berada Dalam Pesawat
  • Berikan bayi atau anak anda susu atau empeng untuk dihisap saat pesawat akan tinggal landas dan saat akan mendarat. Karena pada saat tersebut akan ada perubahan tekanan udara yang dapat mengakibatkan telinga sakit dan gerakan menelan itu dapat menyeimbangkan tekanan dalam telinga bayi anda. Berikan terus sampai pesawat berada diketinggian yang stabil.
  • Pakaikan jaket, topi, dan kaos kaki saat berada didalam kabin pesawat, karena biasanya suhu udara dalam kabin cukup dingin.Udara pendingin yang cenderung kering dapat mengakibatkan dehidrasi, sebaiknya berikan minum sesering mungkin untuk menghindari dehidrasi.
  • Ajak anak anda beraktivitas supaya tidak cepat bosan atau rewel, seperti bermain game, membaca buku cerita,  atau berjalan-jalan dikabin juga dapat menjadi pilihan yang berguna pula untuk memperlancar peredaran darah anda.
Semoga dengan panduan saat membawa bayi naik pesawat ini berguna, sehingga perjalanan liburan keluarga anda dapat berjalan dengan sempurna dan bayi serta anak anda tetap sehat dalam perjalanan dan selama berlibur.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates