Selasa, 02 April 2013

Seperti Apakah Perkembangan Motorik Anak Usia Remaja



Jika kita membicarakan Perkembangan Motorik Anak Usia Remaja 13-18 Tahun maka hal tersebut merupakan bahan diskusi yang sangat panjang lebar untuk dibicarakan. Karena pada dasarnya perkembangan dan pertumbuhan pada seorang anak meliputi perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan perkembangan psikososial. Dan jika membicarakan perkembangan motorik, bisa diartikan juga membicarakan perkembangan fisik dari anak usia remaja 13-18 tahun karena motorik di sini lebih bersifat fisik.
Pertumbuhan kognitif masa remaja merupakan salah satu hasil dari pertumbuhan atau perkembangan fisik otak dari anak tersebut, sehingga bisa membuat mereka memiliki pola pikir dan kemampuan untuk merasakan dan memiliki “kebutuhan’ yang mereka anggap harus terpenuhi. Biasanya perkembangan dan pertumbuhan fisik mereka di awali dengan perkembangan reproduksi mereka, bagi remaja wanita dan pria hal ini memiliki perbedaan yang mendasar.

Hormon dan Perkembangan motorik anak usia Remaja
Usia remaja biasanya dibarengi dengan berkembangnya hormon, sehingga menyebabkan terjadinya ketidakstabilan emosi dalam diri remaja tersebut. Jika dinilai dari segi fisik maka dengan jelas akan mengalami perubahan dimana tinggi badan mereka akan bertambah, pembentukan badan mereka juga perubahan pada wajah atau bentuk tubuh mereka, yang terkadang membuat mereka menjadi merasa kurang percaya diri. Selain itu juga dengan adanya perkembangan pada hormon reproduksi mereka yang berpengaruh pada organ reproduksi mereka membuat mereka memiliki sesuatu atau “kebutuhan’ yang harus mereka penuhi. Dan terkadang dampak perkembangan anak remaja usia 13-18 tahun bisa berakibat terjadinya perilaku seksual yang menyimpang, oleh karena itu dibutuhkan norma-norma yang bisa menjaga mereka untuk tetap pada jalur mereka atau norma yang ada.
Sebuah perkembangan atau pertumbuhan terkadang bisa terjadi secara otomatis dan terkadang bersifat kontinyu. Dan nilainya juga terkadang naik dan terkadang turun. Tapi hal tersebut terjadi. Perkembangan motorik atau perkembangan fisik pada anak remaja usia 13-18 tahun tidak dapat dielakkan , di usia inilah mereka tumbuh dan berkembang mengawali kehidupan mereka sebagai orang dewasa, baik dari segi fisik maupun emosional mereka. Di usia inilah mereka akan mengalami masa yang di kenal dengan masa pubertas, masa di mana mereka mencari jati diri mereka, masa di mana mereka merasakan apa yang menjadi kekurangan atau kelebihan mereka, masa di mana mereka menjadi diri mereka sendiri. Jadi, sebagai orang tua, kita harus selalu memahami Perkembangan Motorik Anak Usia Remaja 13-18 Tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates