Selasa, 02 April 2013

Tips Memilih Tas Punggung Anak



Pertumbuhan tulang pada anak harus mendapat perhatian khusus dari para orangtua agar anak bisa tumbuh dengan maksimal. Pertumbuhan tulang yang maksimal tentu akan menambah percaya diri anak dan memudahkannya untuk melakukan beragam aktivitas.
Kesehatan tulang punggung adalah salah satu yang utama, karena selain berfungsi untuk membentuk postur tubuh yang tegap, juga berfungsi sebagai alat sambung otak ke seluruh tubuh.
Namun saat ini, anak-anak sudah terbebani dengan bawaan yang berat berupa buku-buku yang semuanya dibawa dalam tas punggung. Bayangkan jika tiap hari seorang anak harus membawa lebih dari lima buku ke sekolah secara rutin, pasti akan memberikan ganggungan pada pertumbuhannya. Untuk meringankan beban anak, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh para orangtua.

Ukuran Ideal Tas Punggung Anak
  • Ukuran tas harus disesuaikan dengan ukuran tubuh anak. Bahkan ada beberapa orangtua yang mencoba mengenakan tas tersebut sehingga dapat membayangkan akan seperti apa jika dipakai oleh anaknya.
  • Pilih tas punggung yang pas melengkung di bagian punggung. Sehingga tidak menekan ke bawah. Ada baiknya membawa buku yang biasa dibawa anak dalam satu hari sekolah agar dapat melihat ukuran tas setelah diisi bawaan.
  • Sesuaikan ukuran dengan barang bawaan yang ada. Semakin besar ruang yang tersedia dalam tas, maka akan ada kencederungan pada anak mengisi lebih banyak barang. Banyak pakar menyarankan tinggi tas setelah diisi barang tidak lebih dari 10 centimeter, karena jika lebih akan menambah beban di pundak anak.
Bentuk Tas Yang Sesuai Untuk Anak
  • Pilih tali pundak yang ringan, lebar, dan tidak keras. Periksa juga sistem pengaturan longgar tas berjalan dengan lancar dan mudah dilakukan oleh anak. Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, posisi tas yang terlalu kebawah akan menambah beban di pundak anak. Catatan khusus bagi para orangtua agar selalu mengingatkan anak mengenakan kedua tali pundaknya. Sering kita melihat banyak anak yang lebih memilih hanya mengenakan satu tali saja, padahal hal itu akan membuat barang bawaan tertumpu pada satu titik saja dan membuat punggung, pundak, leher lebih cepat pegal.
  • Periksa sabuk pinggang. Hal ini sering terlupakan fungsinya bahkan dikalangan orang dewasa. Jarang terlihat ada orang yang menggunakan fungsi tali pinggang sebagaimana mestinya. Fungsi tali pinggang adalah memastikan beban terangkat sesuai keinginan.
  • Roda. Fungsinya agar jika anak kelelahan, maka bisa dengan mudah di dorong tanpa mengganggu perjalanan ke sekolah.
  • Memiliki kantung khusus. Kantung atau bagian tas berfungsi untuk memisahkan benda-benda yang memiliki ukuran berbeda. Dan jika seluruh barang dalam tas di susun dengan lebih rapi tanpa ada yang dalam posisi tertidur, beban bawaan akan jauh lebih ringan.
  • Gunakan tas tambahan. Jika anak harus membawa barang besar seperti laptop atau bekal, gunakan tas tambahan agar tidak menambah beban dalam tas.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates