Selasa, 02 April 2013

Penyebab dan Tips Mengatasi Balita yang Takut Ketinggian



Tumbuh kembang emosi dan prediksi balita akan makin berkembang seiring dengan pertambahan usianya. Kemampuan prediksi pada balita kepada sesuatu hal yang akan terjadi, didapatkan dari pengalaman masa lalunya atau berdasarkan pengamatan yang pernah dilakukannya. Namun demikian, proses belajar balita tidak didapatkan secara instan dan terkadang membutuhkan waktu yang relatif lama untuk bisa memahami suatu kejadian yang berupa sebab-akibat. Salah satu proses pembelajaran yang penting bagi balita adalah ketika balita takut ketinggian. Rasa takut yang dimiliki oleh balita ini bisa saja disebabkan beberapa faktor. Apa saja faktor penyebabnya?
Penyebab balita takut ketinggian
Berikut ini beberapa penyebab balita takut ketinggian sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Emosi. Seiring bertambahnya usia, balita akan memiliki perkembangan emosi yang makin baik. Namun apabila tidak terjadi perkembangan emosi yang signifikan, balita akan tetap cenderung memiliki rasa takut.
  • Kemampuan prediksi. Sebenarnya balita sudah mempunyai kemampuan untuk memprediksi sesuatu yang akan terjadi. Semakin baik kemampuan prediksi balita, rasa takut yang dimiliki akan makin berkurang.
  • Imajinasi. Perkembangan imajinasi balita pada usia ini sangat baik. Balita akan mengimajinasikan hal-hal nyata yang ada didekatnya dan menghubungkan dengan sesuatu hal yang pernah dilihat atau didengarnya.
  • Trauma.
    Pernah mengalami jatuh dari tempat yang tinggi ataupun pernah menyaksikan sendiri orang atau benda yang jatuh.
Setelah mengetahui beberapa penyebab balita takut ketinggian, ada baiknya orang tua mengetahui beberapa tips mengatasinya, yaitu:
  • Beri dukungan.
    Beri dukungan kepada balita untuk mengatasi rasa takutnya terhadap ketinggian. Jangan gunakan kata-kata yang bersifat memarahi atau merendahkan dirinya akibat rasa takut terhadap ketinggian.
  • Wajar.
    Beri pengertian bahwa setiap orang pasti memiliki rasa takut, sehingga balita akan menyadari bahwa rasa takut yang dimiliki balita bukanlah sesuatu hal yang aneh.
  • Bertahap.
    Ajari balita secara bertahap mengatasi rasa takut akan ketinggian. Biarkan balita menentukan sendiri batas nyaman ketinggian bagi dirinya. Makin lama rasa takut ini akan teratasi, sehingga balita akan memiliki keberanian untuk naik lebih tinggi.
Demikian tadi beberapa faktor penyebab dan tips mengatasi balita takut ketinggian. Ada baiknya orangtua bersikap bijak dalam menaggapi rasa takut yang berkembang dalam diri balita, karena bagaimanapun juga rasa takut yang dimiliki balita adalah suatu tahap pembelajaran. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates