Selasa, 02 April 2013

Vegetarian



Vegetarian Apakah Cocok Dimasa Pertumbuhan Anak Remaja

Vegetarian merupakan sebutan untuk orang yang hanya memakan makanan yang hanya berasal dari sayuran atau tumbuhan dengan atau tanpa mengkonsumsi susu dan telur serta tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti daging, ikan, dan unggas.  Jadi yang biasa dimakan oleh para vegetarian adalah hanya makanan yang berasal dari tumbuhan saja. Namun belakangan ini ada pertanyaan di kalangan orangtua terhadap perkembangan anaknya yakni vegetarian apakah cocok dimasa pertumbuhan anak remaja?

Vegetarian Menjadi Tren di Kalangan Tertentu
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa angka orang yang menjadi vegetarian semakin tahun semakin meningkat. Hal itu terkadang didasarkan oleh adanya beberapa artis yang menjadi vegetarian sehingga menjadi sebuah trend di kalangan orang tertentu. Selain itu juga ada nilai kesehatan yang diinginkan oleh beberapa orang yang menjadi vegetarian dan juga ada aturan sebuah agama yang mendasari untuk menjadi vegetarian. Bagaimana kita menjawab pertanyaan tentang vegetarian apakah cocok dimasa pertumbuhan anak remaja? Pertanyaan ini memang sering muncul di benak para orang tua karena rasa khawatir yang amat sangat terhadap perkembangan anak di masa remaja. Padahal pada masa ini anak sangat membutuhkan sekali banyak asupan gizi untuk perkembangannya.

Sayuran Kacang-Kacangan Bisa Menjadi Pengganti Protein Bagi Vegetarian
Sebenarnya rasa khawatir yang dimiliki oleh para orang tua adalah sah dan sangat wajar sekali. Namun perlu diingat bahwa dalam makanan yang berasal dari tumbuhan juga kaya akan makanan yang bernutrisi tinggi sehingga tidak perlu khawatir jika anak remaja memiliki kebiasaan vegetarian.Hanya diperlukan pola makan yang cukup seimbang sebagai ganti dari asupan gizi yang seharusnya diperoleh dari bahan makanan hewani. Misalnya saja adalah mengganti susu sapi yang memiliki kandungan protein dengan makanan yang berasal dari kacang-kacangan sehingga asupan protein tetap terjaga. Masih banyak bahan makanan lainnya yang bisa dijadikan pengganti dalam pola makan vegetarian.
Asal tetap memakan makanan yang memiliki kandungan seimbang maka pola vegetarian tidak perlu dipertanyakan lagi. Oleh karena itu, para ibu jangan khawatir akan adanya pertanyaan tentang vegetarian apakah cocok dimasa pertumbuhan anak remaja? Asalkan ada pendampingan terhadap asupan gizi yang cukup maka hal tersebut tidaklah jadi masalah.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates