Selasa, 02 April 2013

Olahraga Fitnes Bagi Remaja


Benarkan Olahraga Fitnes Bisa Menghambat Pertumbuhan Remaja ?

Sebuah mitos berkembang, bahwa bagi remaja yang melakukan latihan otot atau istilah bekennya adalah fitness, maka akan menghambat pertumbuhan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh  American Journal of Sports & Medicine terhadap 18 anak berusia 8 tahun. Melakukan penelitian dengan melakukan program latihan selama 14 minggu (3 sesi perminggu). Tentu program ini dilakukan pengawasan, maka hasilnya adalah program latihan tersebut tidak menimbulkan cedera bagi tulang, otot, ataupun organ lainnya. Juga tidak mempengaruhi bagi pertumbuhan anak-anak tersebut.
Olah raga fitness sendiri digemari remaja sebagai olah raga yang dapat membantu pembentukan otot-otot tubuh, sehingga secara fisik terlihat lebih maskulin. Lebih ideal dan lebih professional. Latihan fitnes bukan hanya sesaat. Harus  dilakukan secara rutin dan disiplin. Selain itu, makanan yang dikonsumsi harus bergizi, sehingga bentuk tubuh ideal yang diharapkan akan terbentuk. Beberapa ahli bahkan menyimpulkan bahwa fitness di usia remaja tidak menghambat pertumbuhan dengan syarat melakukan fitness dangan porsi yang tepat. Pandai memilih beban yang sesuai, memilih jadwal latihan dengan frekuensi yang sesuai dengan fisik, tidak ngoyo berlatih, sehingga kebugaran tubuh tercipta.
Beberapa latihan dasar fitness yang harus diketahui untuk pembentukan otot-otot rangka tubuh ada di bawah ini :
  1. Latihan Otot Dada
  2. Latihan Otot Paha
  3. Latihan Otot Punggung
  4. Latihan Otot Tricep
  5. Latihan Otot Bahu
  6. Latihan Otot Bicep
  7. Latihan Otot Perut
Masing-masing latihan di atas memerlukan persiapan dan teknis tersendiri. Untuk itu Anda dapat mempersiapkan diri sebelum memilih fitness sebagai pilihan olahraga yang tepat.
Perlu diketahui, bahwa selain membentuk tubuh, olah raga fitness bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak, menjauhkan dari stress, menguatkan kinerja
jantung, meningkatkan energi, membantu meningkatkan berat badan, mencegah berbagai penyakit dan tentunya memperindah penampilan.
Nah, Anda tak perlu cemas lagi bahwa fitness aman bagi remaja. Ingin badan sehat, bugar, otot yang bagus,  dan penampilan indah? Yuk, ikut fitness!

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates