Selasa, 02 April 2013

Tips dan Triks agar Balita Sayang Adik




Tumbuh kembang balita tidak bisa dipisahkan dari perkembangan emosional dan psikologi. Perkembangan emosional dan psikologi yang negatif seringkali tidak disadari oleh orangtua dan akibatnya bisa berdampak buruk pada perkembangan emosional dan psikologi anak dikemudian hari. Salah satu perkembangan emosional dan psikologi negatif yang dimiliki oleh balita adalah rasa cemburu dan terabaikan ketika balita memiliki adik. Rasa cemburu balita bisa dilampiaskan dengan berbagai cara seperti melempar barang, merusak mainan atau bahkan menunjukkan sikap bermusuhan dengan adik bayinya. Agar balita sulung terhindar dari perkembangan emosional dan psikologi yang negatif ini, orangtua hendaknya menumbuhkembangkan sifat balita sayang adik.

Apa saja tipsnya agar balita sayang adik?
Berikut ini akan disajikan beberapa tips dan triks agar balita sayang adik, sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Biasakan semenjak dini.
    Biasakan balita mengelus atau sekedar memegang calon adik ketika masih dalam kandungan ibunya. Dengan aktifitas sederhana ini, balita akan
    memahami bahwa kelak ia akan menjadi seorang kakak.
  • Libatkan.
    Libatkan balita dalam perawatan adiknya yang masih
    bayi ketika sudah lahir dengan sekedar mengambilkan bedak, minyak telon ataupun baju. Atau bisa juga libatkan balita ketika hendak memilih keperluan bagi adiknya.
  • Rutinitas.
    Tetap lakukan rutinitas sebagaimana biasa dilakukan ketika balita belum mempunyai adik, seperti bermain bersama,
    membaca buku ataupun sekedar bercanda. Aktifitas rutin yang tetap dilakukan akan mampu meredam perasaan cemburu balita terhadap adik bayinya.
  • Bermain bersama.
    Tidak ada salahnya mengajak balita bermain disamping adik bayinya, agar menumbuhkan perasaan sayang.
  • Ingatkan.
    Ketika balita hendak melakukan tindakan yang menyakiti adik bayinya, ingatkan bahwa balita sekarang menjadi seorang kakak yang tugasnya adalah melindungi adik bayinya.
Beberapa tips dan triks agar balita sayang adik di atas hendaknya bisa dijadikan pertimbangan bagi orangtua ketika memiliki momongan lagi dan masih memiliki anak balita. Ada baiknya orangtua memiliki kesabaran yang tinggi dalam menumbuhkembangkan perasaan sayang balita kepada adiknya, karena bagaimanapun juga, balita masih dalam proses belajar dan masih membutuhkan bimbingan orangtuanya untuk tumbuh-kembang yang optimal. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates