Selasa, 02 April 2013

Tips Pemulihan Kondisi Ibu Pasca Melahirkan



Pasca melahirkan, tentunya ada beberapa perubahan yang dirasakan oleh ibu. Perubahan tersebut terutama pada kondisi fisik, mulai dari tubuh yang masih terasa sakit dan pegal-pegal hingga mengalami baby blue syndrome. Perubahan kondisi fisik ini tentunya membuat ibu merasa tidak nyaman. Namun, sebenarnya perubahan ini tidak perlu dikhawatirkan karena proses melahirkan sendiri sangat menguras baik tenaga maupun pikiran dari ibu. Maka, merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dicemaskan jika pasca melahirkan ibu merasa lelah dan mengalami perubahan kondisi fisik lainnya.
Namun, tentu saja, rasa tidak nyaman akibat perubahan kondisi fisik yang ibu alami tidak dapat dibiarkan terus menerus. Selain dapat berujung pada stress, bayi ibu pun akan menjadi tidak terurus karena kondisi fisik ibu yang terus menerus menurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera memulihkan kondisi ibu pasca melahirkan. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips pemulihan kondisi ibu pasca melahirkan yang mungkin dapat bermanfaat.
1. Rawat Luka Bekas Jahitan dengan Tepat
Pasca melahirkan akan ada rasa nyeri pada bagian rahim serta kemungkinan akan terjadi bengkak pada vagina akibat luka jahitan. Jahitan ini sendiri umumnya dapat sembuh dengan cepat, kurang lebih satu hingga tiga minggu pasca melahirkan. Untuk mempercepat proses penyembuhan serta mengurangi rasa nyeri dan bengkak, tips pemulihan kondisi ibu pasca melahirkan yang sangat disarankan adalah untuk banyak melakukan relaksasi, terutama relaksasi nafas saat duduk dan berjalan atau di saat rasa nyeri menyerang. Pastikan juga luka bekas jahitan selalu dalam kondisi bersih dengan cara sering mengganti pembalut. Apabila rasa nyeri masih juga belum hilang setelah tiga minggu pasca melahirkan, maka ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan lainnya tentang kemungkinan terjadi infeksi pada jahitan atau mungkin adanya kulit yang tertarik akibat tekanan dari benang bedah.
2. Hindari Beban Kerja yang Terlalu Berat dan Perbanyak Istirahat
Hal ini dikarenakan pasca melahirkan, kondisi ibu umumnya masih lemah. Oleh karena itu, sebaiknya ibu tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Misalnya seperti mengangkat barang-barang berat atau bekerja hingga larut malam. Pekerjaan yang terlalu berat akan membuat tubuh ibu semakin nyeri. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika sebagian besar pekerjaan rumah dikerjakan oleh orang lain, misalnya oleh pembantu rumah tangga atau dengan bantuan suami. Usahakan juga untuk tidur tidak kurang dari delapan jam setiap harinya. Dengan beristirahat yang cukup, proses pemulihan akan lebih cepat.
3. Hindari Berhubungan Seks untuk Sementara
Menghindari berhubungan seks untuk sementara waktu juga merupakan salah satu tips pemulihan kondisi ibu pasca melahirkan. Mengapa demikian? Hal ini karena organ seksual pun membutuhkan waktu untuk pulih setelah proses persalinan. Untuk melakukan hubungan seksual, ibu dapat menunggu selama 4-6 minggu pasca melahirkan.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates