Selasa, 02 April 2013

Alasan Mengapa Anak Sebaiknya Mempunyai Aktivitas di Luar Sekolah


Aktivitas di luar sekolah memang membutuhkan waktu dan usaha untuk mengimbangi jadwal padat anak-anak. Mereka mempunyai PR yang harus diselesaikan, belajar untuk ulangan, atau sekedar mengulang kembali pelajaran di sekolah. Orangtua pun kadang harus menyesuaikan waktu mereka untuk mengantar-jemput anak dan menghadiri acara-acara dari kegiatan anak. Hal tersebut memang sangat berat, tetapi di sisi lain anak akan mendapatkan banyak manfaat yang sebanding dengan usaha yang telah mereka keluarkan.
Perkembangan Fisik
Anak yang berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, akan mendapatkan olah raga yang dibutuhkan dan membangun kebiasaan yang baik untuk gaya hidup yang lebih sehat. Mereka juga berlajar kerjasama dan sikap sportif, menjadi pemenang yang rendah hati dan lapang dada bila menghadapi kekalahan. Terkadang, kegiatan olahraga ini dapat berlanjut hingga mereka dewasa dan mendatangkan kenikmatan seumur hidupnya.
Kerjasama
Tidak hanya dalam bidang olahraga saja anak dapat belajar tentang kerjasama. Aktivitas kesenian seperti menari atau pramuka juga mengajarkan anak bekerja bersama untuk mencapai tujuan tertentu. Keahlian ini akan berguna seumur hidup bagi anak dalam kehidupan  berkeluarga dan di tempat kerja nantinya.

Percaya Diri
Mempunyai keahlian tertentu akan membangun kepercayaan diri pada anak-anak. Kepercayaan diri yang diraih melalui pembelajaran akan sesuatu yang baru dalam lingkungan yang nyaman adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan mendorong pemberdayaan diri.
Manajemen Waktu
Anak-anak biasanya mempunyai waktu yang padat selama tahun ajaran sekolah dan mereka dapat belajar bagaimana mengatur waktu mereka apabila mereka mempunyai aktivitas di luar sekolah. Orangtuapun harus mengawasi anak agar jangan sampai mereka merasa terbebani. Diskusikanlah aktivitas yang ingin mereka ikuti dan pilih berdasarkan antusiasme mereka dan waktu yang tersedia.
Membangun Relasi
Anak yang mempunyai kegiatan di luar sekolah biasanya lebih mudah membangun relasi dan berkawan dengan anak lain yang mempunyai minat yang sama. Minat tersebut dapat membuat ikatan yang memungkinkan anak bersosialisasi sehingga hubungan mereka akan berkembang secara alami atau natural. Bahkan anak yang pemalupun dapat mengatasi kecanggungan sosialnya sambil menikmati kegiatan favorit dengan sekelompok teman sebaya.
Menetapkan Tujuan
Kegiatan di luar sekolah dapat menyenangkan dan menarik bagi anak-anak dan dapat mengajarkan mereka untuk menetapkan tujuan. Ketika mereka belajar dan mencapai, membangun keterampilan dan memperoleh kepercayaan diri, mereka juga didorong untuk tampil di tingkat yang lebih tinggi. Menetapkan tujuan dan bekerja untuk menjangkaunya merupakan keterampilan penting yang berguna sepanjang hidup mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates