Selasa, 02 April 2013

Menyimpan Makanan Bayi Yang Dibuat Sendiri



Membuat makanan bayi sendiri adalah pengalaman berharga yang memiliki manfaat besar bagi bayi Anda. Untuk menyiapkan dan menyimpan makanan padat pertama bayi, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan.
Pertama, Anda perlu memilih di mana Anda akan menyimpan makanan bayi, kemudian pilih apa yang akan Anda simpan di dalamnya. Meskipun Anda bisa saja menyimpannya dalam wadah tertutup dan meletakkannya di suhu ruang, akan lebih masuk akal untuk memilih kulkas atau freezer sebagai tempat untuk menyimpan makanan bayi buatan sendiri. Makanan yang disimpan di lemari es memang tidak perlu dicairkan, tapi makanan yang disimpan di dalam lemari es tidak akan bertahan lama, sehingga harus cepat dikonsumsi untuk menghindari pembusukan.
Freezer menawarkan cara yang lebih aman untuk menyimpan makanan bayi untuk jangka panjang. Jika Anda ingin membuat makanan buatan sendiri dalam jumlah banyak, Anda dapat menyimpan makanan bayi buatan sendiri di dalam freezer.

Jika Anda ingin menggunakan freezer pastikan Anda memilih wadah yang aman untuk disimpan di dalam freezer. Pastikan pula Anda membersihkan freezer secara berkala dan hanya menggunakan freezer untuk menyimpan makanan bayi saja ( tidak bercampur dengan bahan makanan lain yang akan mempengaruhi rasa,aroma serta kualitas makanan bayi Anda).
Kedua, Anda dapat mengontrol apa yang ada di dalam makanan bayi Anda dengan membuat makanan bayi Anda sendiri di rumah. Untuk makanan bayi bahan-bahannya harus alami, Anda harus menggunakan buah-buahan atau sayuran yang segar dan berkualitas. Bisa juga Anda gunakan  sayuran atau buah-buahan organik yang tidak mengandung pestisida buatan sehingga relatif aman untuk bayi Anda. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti ikan atau daging yang diambil kuah kaldunya sebagai penambah rasa.

Ketika bayi Anda baru saja memulai mengkonsumsi makanan padat, makanan bayi buatan sendiri harus sangat lembek. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan food processor atau  blender untuk menghaluskan makanan bayi. Setelah beberapa lama bayi Anda menikmati makanan padat pertamanya Anda tidak perlu membuat makanan menjadi begitu lembek, maka cukup Anda gunakan sendok atau garpu untuk menghaluskan buah atau sayuran yang telah dimasak.
Cara menyimpan makanan dengan membekukan makanan akan membuatnya bertahan lebih lama dan akan menghindari bakteri. Jika Anda sangat sibuk dan tidak ingin menyisakan bahan makanan mentah dan menyimpannya terlalu lama di kulkas yang pada akhirnya akan menjadi busuk atau layu, Anda bisa mengolahnya sekaligus dan membekukan hasil masakan Anda untuk diberikan kepada bayi Anda di kemudian hari.

Ada banyak wadah yang dibuat khusus untuk makanan bayi dan akan lebih baik jika Anda menggunakan wadah kecil- kecil untuk menyimpan makanan dalam porsi kecil. Jangan lupa untuk menempelkan daftar makanan apa saja yang Anda simpan di dalam freezer dan kapan Anda menyimpannya. Ini akan mempermudah anda dalam menyiapkan makanan apa yang akan Anda sajikan, dan mencegah makanan terlalu lama berada di dalam freezer. Saat ini sudah banyak dijual wadah-wadah tempat menyimpan makanan yang aman, pilih yang bahannya bebas bahan kimia dalam proses pembuatannya.


0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates