Selasa, 02 April 2013

Berbagai Jenis Olah Raga Untuk Ibu Hamil Trimester 2


Memasuki trimester 2, kondisi fisik ibu hamil sudah jauh lebih sehat dibandingkan pada saat trimester awal. Untuk itu, ibu hamil juga sudah lebih siap untuk mulai berolah raga. Beberapa manfaat olah raga pada trimester 2 ini diantaranya memperbaiki kerja jantung, menjaga berat badan, menjaga tubuh tetap bugar dan memperkuat otot-otot persalinan. Ada beberapa jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, tapi tentu saja harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil:
  1. Jalan Kaki
    Jalan kaki merupakan jenis olah raga terbaik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga kondisi ibul tetap bugar. Hentikan kegiatan jalan kaki ini jika ibu hamil mengalami sesak nafas, pendarahan, kontraksi, pusing, kram dan sakit pada dada.
  2. Berenang
    Berenang bermanfaat untuk memperbaiki kerja jantung dan mempermudah penurunan berat badan bagi ibu hamil yang mengalami
    obesitas. Selain itu, berenang juga melatih otot-otot pada kaki dan tangan serta menghindarkan ibu dari dehidrasi. Lakukan 30 menit setiap hari. Gaya berenang yang disarankan adalah gaya punggung dan gaya dada.
  3. Senam Hamil
    Meskipun bisa dilakukan sendiri di rumah, namun alangkah baiknya jika senam hamil dilakukan dengan panduan seorang ahli. Senam hamil bermanfaat untuk melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan pada saat proses persalinan, sehingga persalinan dapat berjalan dengan lancar.
  4. Yoga
    Sama halnya dengan senam hamil, yoga juga sebaiknya dilakukan  dengan panduan seorang ahli. Yoga bermanfaat menjaga kebugaran tubuh, melatih pernafasan dan membantu proses
    relaksasi pada ibu hamil yang sangat diperlukan pada saat melahirkan.
  5. Latihan Beban
    Latihan beban bermanfat untuk mengurangi terjadinya cidera pada ibu hamil dan memperkuat otot-otot disekeliling sendi. Selain itu juga dapat membantu menjaga stamina tubuh.
  6. Peregangan
    Dengan melakukan latihan peregangan, maka akan membantu fleksibilitas tubuh ibu hamil  yang sangat diperlukan pada proses persalinan, mengurangi rasa sakit saat melahirkan serta membantu relaksasi ibu hamil.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates