Selasa, 02 April 2013

Tips Agar Anak Usia 5-12th Tidak Salah Dalam Pemanfaatan Tekhnologi



Saat ini teknologi berkembang dengan pesat sekali. Perkembangan yang ada ini terkadang membawa keuntungan tetapi di sisi lain juga bisa membawa kerugian. Jikalau kita tidak berhati-hati maka kita sendiri akan mengalami kerugian dari sebuah teknologi. Termasuk dalam hal ini adalah pemanfaatan teknologi untuk anak. Diperlukan sebuah tips agar anak usia 5-12th tidak salah dalam pemanfaatan teknologi.
Jika manfaat yang didapatkan dari sebuah perkembangan teknologi maka hal tersebut tidaklah mengapa bagi perkembangan anak. Namun jika ternyata teknologi yang diberikan kepada anak hanyalah membawa kerugian yang besar dalam tumbuh kembang anak maka kita sebagai orang tua patut untuk mendampingi atau bahkan menarik diri ketika hal tersebut terjadi.
Pemanfaatan teknologi seperti komputer, handphone, internet, atau berbagai gaget lainnya memang boleh saja anak, tapi kita juga harus tahu bahaya yang ditimbulkan dari gaget tersebut. Ketika anak sudah menjadi pintar dalam memainkan gaget maka yang perlu dikhawatirkan adalah segi sosialisasi anak.
Dalam sebuah penelitian, anak cenderung untuk kurang bisa bersosialisasi karena terlalu asyik bermain dengan gagetnya. Selain itu, bahaya lainnya adalah ketika anak merasa kecewa dengan hal yang ada di gaget maka anak akan mudah sekali marah, frustasi, dan putus asa. Oleh karena itu, diperlukan sebuah tips agar anak usia 5-12th tidak salah dalam pemanfaatan teknologi.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijalankan oleh orang tua agar anaknya terhindar dari pengaruh negatif sebuah perkembangan teknologi:
1. Berikan batasan waktu
Memberikan waktu bagi anak untuk tetap bisa bermain dengan gaget yang dimiliki adalah baik. Namun hendaknya orang tua tetap memberikan batasan waktu yang jelas kepada anak ketika bermain dengan gaget tersebut agar anak tidak berlaru-larut menghabiskan waktu untuk bermain dengan gagetnya.
2. Batasi program yang diperbolehkan saja
Diharapkan orang tua hanya memasang program yang memagn diperuntukkan untuk anak-anak. Pemasangan program atau permainan dewasa untuk anak-anak bisa berbahaya bagi perkembangannya.
3. Lakukan pendampingan
Sebagai orang tua hendaknya melakukan pendampingan terutama saat anak mengakses internet. Bahaya pornografi sangatlah sulit untuk dibendung. Jangan berikan akses ke internet saat kita tidak bisa mendampingi.
Demikianlah beberapa tips agar anak usia 5-12th tidak salah dalam pemanfaatan tekhnologi.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates