Kamis, 11 April 2013

Tips Melahirkan Normal Di Rumah Sakit

Jika saat ini bunda sedang menunggu kelahiran bayi pertama atau bayi kedua, mungkin rasa takut ada di benak bunda. Melahirkan normal bagi sebagian wanita adalah keinginan, namun banyak juga wanita yang tidak ingin melahirkan secara normal. Padahal banyak keuntungan jika bisa melahirkan secara normal. Kelahiran normal itu kebanggaan bagi setiap wanita. Mereka melawan sakit dan berjuang antara hidup dan mati saat kelahiran bayinya. Selain itu melahirkan normal sangatlah menghemat biaya. Jika dibandingkan dengan kelahiran Caesar, melahirkan normal biayanya jauh lebih sedikit . Alasan sebagian wanita tidak memilih melahirkan normal karena mereka takut sakit dan mereka memiliki banyak uang untuk biaya kelahiran Caesar.
Nah, jika baru pertama kali menunggu kelahiran buah hati dan memilih proses kelahiran normal, ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan agar kelahiran tersebut bisa berjalan dengan lancar. Rasa cemas dan takut memang ada bahkan bagi wanita yang sudah pernah melahirkan pun juga mengalami hal demikian.
Berikut beberapa tips melahirkan normal di rumah sakit untuk mengurangi rasa takut:

  • Berfikir positif, Sangat penting bagi ibu hamil dan ibu yang akan melahirkan untuk berpikir positif. Pikiran positif akan memudahkan proses kelahiran dan akan menguatkan mental ibu. Kegagalan dalam kelahiran normal kadang dipengaruhi oleh pikiran dan rasa takut pada ibu tersebut.
  • Perhatikan asupan makanan, Sekalipun tinggal menunggu beberapa hari atau beberapa saat untuk melahirkan, perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Bunda bisa mengkonsumsi minyak kelapa  agar bayi bersih dan hindarilah makanan yang menimbulkan panas dalam tubuh. Konsumsi buah dan sayuran yang dimasak sendiri sangat membantu proses kelahiran untuk mendapatkan bayi yang sehat.
  • Persiapan fisik, Saat hamil juga harus menjaga kesehatan fisik terutama beberapa saat menjelang kelahiran. Berolahraga seperti senam hamil dan yoga sangat baik bagi ibu hamil untuk menghindari stress dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu senam hamil sangat baik untuk mempersiapkan kelahiran normal.
  • Rajin berkomunikasi dengan janin, Bagi yang ingin mempersiapkan kelahiran normal cobalah untuk  berbicara pada janin atau mendengarkan mereka lagu klasik. Ajaklah janin berbicara sehingga janin bisa lebih nyaman dan ini akan membantu pada saat melahirkan normal.
  • Berdoa, Sekalipun telah melakukan hal diatas, doa amatlah penting bagi bunda untuk memperlancar melahirkan secara normal. Rajinlah berdoa agar bisa melahirkan dengan lancar, selain itu doa akan menentramkan dan membuat semakin nyaman dan tidak ada rasa takut saat menghadapi kelahiran.
  • Siapkan perlengkapan bayi dan ibu, Saat di rumah sakit tentu saja seorang ibu membutuhkan beberapa hal demikian juga dengan bayinya. Persiapkan jauh hari kebutuhan ibu dan bayi sehingga saat di rumah sakit semua sudah siap.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates