Selasa, 02 April 2013

Kebiasaan Dalam Makan Yang Menyehatkan

Makan merupakan bagian dari aktifitas kita yang tidak bisa ditinggalkan, apa yang kita makan dan bagaimana kita makan ikut menentukan kesehatan tubuh kita.

Kebiasaan dalam makan yang tidak tepat bisa merugikan kita, bukannya malah menyehatkan, tapi kadang bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Mungkin dalam jangka waktu yang lama.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang berhubungan dengan makan yang sebaiknya dilakukan:

1. Bagi piring menjadi 4 bagian
Bagi piring anda menjadi 4 bagian. Isi 1/4 bagian dengan nasi, 1/4 bagian lagi dengan lauk, dan 1/4 bagian dengan sayuran. Sebaiknya hindari makanan yang dimasak dengan banyak minyak atau bersantan.

2. Santap sayur terlebih dahulu
Mengonsumsi sayur sebelum menyantap nasi dan lauk-pauknya akan mengisi setengah dari kapasitas lambung dengan asupan rendah kalori namun kaya nutrisi.

3. Gunakan piring kecil
Makanlah tiga kali dalam sehari. Makan dalam porsi kecil tapi sering lebih baik daripada makan sekali dalam porsi besar.

Agar tak makan berlebihan, coba gunakan piring yang sedikit lebih kecil dari ukuran normal. Makan berlebihan tidak baik bagi kesehatan, karena suplai karbohidrat menjadi berlebihan. Dan efek jangka panjangnya, kadar gula dalam darah akan tinggi jika dibiasakan seperti itu.

4. Menahan diri
Terkadang, karena merasa makan belum kenyang, orang cenderung untuk mengambil porsi kedua. Tahan dulu! Penelitian menemukan bahwa otak membutuhkan waktu 20 menit untuk menangkap sinyal kenyang.

5. Makan jangan terburu-buru
Makan terburu-buru membuat makanan tidak dikunyah dengan benar. Jika makanan dikunyah halus, saat tiba di saluran cerna, nutrisi makanan langsung diserap. Tubuh pun segera merasa kenyang. Makan terburu-buru juga membuat makanan yang masuk tidak terkontrol.

6. Pilih camilan sehat
Kebiasaan ngemil bisa saja dipertahankan, tapi pilihlah camilan yang sehat seperti buah-buahan segar atau agar-agar tanpa gula dan diberi sirup rendah kalori.

7. Sarapan tidak terlalu kenyang
Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat ngantuk. Jika anda makan kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas malah habis ke perut anda.

8. Makan malam minimal 3 jam sebelum tidur
Makan malam, menu lengkap dengan porsi sedang saja. Usahakan makan malam 2 - 3 jam sebelum pergi tidur, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur anda.

9. Minum dahulu
Terkadang orang tidak bisa membedakan rasa lapar dengan haus. Sebelum memutuskan untuk ngemil, minumlah segelas air putih dulu. Bila masih merasa lapar, tubuh mungkin memang butuh makanan. Pilihlah camilan rendah kalori.

10. Banyak minum air putih
Menurut penelitian, setiap gelas yang diminum akan memicu reaksi yang disebut thermogenesis, yaitu kondisi saat tubuh meningkatkan metabolismenya dan membakar lemak di tubuh. Minum 8 gelas air putih sehari akan membantu membakar 150 kalori per harinya.

11. Rutin olahraga dan aktifitas fisik
Olahraga akan membantu membakar lemak di tubuh lebih cepat. Olahraga yang efektif untuk membakar lemak adalah olahraga yang dilakukan selama 1 jam.

Aktivitas fisik juga membantu tubuh membakar kalori. Misalnya, menggunakan tangga ketimbang lift. Di rumah, ikutlah bermain bersama anak-anak. Usahakan tubuh selalu bergerak.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates