Selasa, 02 April 2013

Resiko Janin Meninggal 5 Bulan



Janin Meninggal 5 Bulan bukan merupakan hal yang aneh. Banyak orang menganggap bahwa trimester pertama atau usia janin dibawah 3 bulan adalah usia yang paling rentan dan setelah 3 bulan, janin akan cukup kuat dan kematian janin atau keguguran setelah bulan ke 3 tidak mungkin terjadi. Faktanya, resiko janin meninggal pada usia ke 5 bulan cukup tinggi. Banyak calon ibu kaget dengan meninggalnya janin pada usia yang dianggap dewasa ini, tapi para ibu hamil harus mengerti bahwa resiko ini bisa saja terjadi pada siapa saja. Memang beberapa ibu mempunyai resiko yang lebih tinggi, tapi ada baiknya semua calon ibu memperhatikan kehamilan dari awal dan mencegah terjadinya kematian pada janin baik di usia muda walaupun dewasa.

Penyebab Kematian Janin
Banyak hal yang bisa menjadi pemicu Janin Meninggal 5 Bulan. Salah satunya adalah faktor genetis yang mempengaruhi perkembangan janin. Tubuh bisa saja menolak adanya janin, begitu pula dengan perkembangannya. Faktor ini tidak akan terlihat secara fisik. Calon ibu bisa saja terlihat bugar dan sehat, tapi tiba-tiba saja janin meninggal di dalam. Hal ini tidak dapat dicegah karena memang sudah menjadi karakter tubuh calon ibu bayi. Anatomi tubuh calon ibu juga bisa menyebabkan perkembangan yang tidak sempurna yang lalu menyebabkan kematian pada janin. Penyumbatan pada aliran darah juga bisa menyebabkan kematian karena janin tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi. Imunitas yang tidak sempurna juga bisa menyebabkan permasalahan pada janin.

Mencegah Kematian pada Janin
Untuk mencegah kematian pada janin baik yang masih berusia muda ataupun sudah terbilang cukup dewasa, pastikan calon ibu untuk melakukan pemeriksaan secara berkala. Dengan pemeriksaan, setiap gejala atau permasalahan yang mungkin timbul bisa langsung diatasi secara maksimal. Hal itu akan meminimalisir resiko kematian pada janin. Seperti yang disebutkan sebelumnya, janin bisa meninggal karena penolakan dari tubuh calon ibu. Dengan pemeriksaan rutin, tubuh calon ibu bahkan bisa dipersiapkan untuk menjadi tempat tumbuh yang sempurna bagi janin. Makan makanan yang tepat sesuai saran dokter juga akan sangat membantu dalam mencegah kematian janin. Membangun pondasi yang kuat dan baik dengan konsumsi vitamin, mineral dan segala nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi akan sangat membantu pencegahan kematian janin baik pada usia muda maupun dewasa. Dengan pencegahan dan penanganan yang baik, maka kejadian Janin Meninggal 5 Bulan bisa dihindari.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates