Selasa, 02 April 2013

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Kelahiran Anak Pertama



Senang ya kalau akan menjadi seorang ibu, pasti demikian. Tapi kadang ada yang mengalami kegelisahan saat menunggu kelahiran bayi, karena banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan menunggu kelahiran sang buah hati. Seperti mempersiapkan perlengkapan kelahiran anak pertama, kadang bagi calon ibu yang baru pertama kali memiliki anak mengalami gelisah dan bingung. Takut jika tidak cocok, takut kurang dan lain sebagainya. Apakah bunda juga mengalami hal seperti itu? Nah, bagi calon bunda saat akan mempersiapkan perlengkapan kelahiran anak pertama, cobalah untuk lebih santai dan rileks. Perlengkapan bayi harus dipersiapkan sejak awal, ya kira-kira jika sudah memasuki kehamilan 8 bulan.

Saat janin sudah bisa dideteksi jenis kelaminnya, sang calon ibu bisa mempersiapkan perlengkapan kelahiran  anak pertama sesuai dengan jenis kelamin janin tersebut. Namun kadang ada juga calon ibu yang membeli perlengkapan bayi sebelum dia mengetahui jenis kelamin janin. Sebenarnya boleh-boleh saja, tapi hal ini kurang tepat karena kadang apa yang dipilih tidak cocok bagi bayi tersebut.
Bagi bunda yang ingin mempersiapkan perlengkapan kelahiran anak pertama, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:
  • Bertanya pada rekan atau orang yang sudah berpengalaman, Jangan segan untuk menanyakan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk buah hati sebelum kelahirannya pada orang yang sudah berpengalaman, kebutuhan apa saja yang harus dipersiapkan harus dicatat. Tanyakan pula berapa banyak dan berapa harga semua perlengkapan itu untuk dipersiapkan agar bunda bisa menghitung biayanya. Hal ini sangat penting untuk mencegah pemborosan.
  • Persiapkan kebutuhan yang mendesak, Maksud kebutuhan mendesak itu adalah kebutuhan yang diperlukan saat akan persalinan atau saat kelahiran. Perlengkapan itu diantaranya semua kebutuhan bayi dan ibu saat di rumah sakit. Siapkan perlengkapan utama dalam satu tas khusus agar anda tidak lupa saat beranjak ke rumah sakit.
  • Membeli perlengkapan bayi yang penting, Saat akan mempersiapkan perlengkapan kelahiran  anak pertama. Belilah popok bayi, baju bayi, botol susu, selimut bayi, dan beberapa perlengkapan yang penting dulu. Untuk menghemat biaya, bisa menggunakan perlengkapan bayi milik saudara atau rekan yang sudah tidak dipakai terutama baju bayi, selimut, bantal dan guling. Belilah perlengkapan ini saat usia kandungan 8 atau 9 bulan.
  • Beli kebutuhan bayi yang mendesak, Penting dan mendesak memang beda tipis, belilah sabun bayi, shampoo, bedak bayi dan perlengkapan yang sering digunakan bayi tersebut 2 minggu atau 1 minggu sebelum kelahiran bayi.
  • Memilih bahan terbaik, Belilah produk bayi yang berkwalitas, seperti popok pilihlah yang berbahan lembut dan tidak mengganggu kulit bayi.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates