Selasa, 02 April 2013

Kumpulan Resep Makanan Bayi >1 tahun

Anak berumur >1 tahun masih disebut bayi atau tidak ya ? ketimbang menyebut balita (<5 tahun) saya mending sebut >1 tahun karena makanan untuk bayi >1 tahun pun bisa dimakan sama orang dewasa, tapi makanan <5 tahun belum tentu bisa dimakan bayi. Jadi saya rasa lingkupnya lebih jelas dengan judul di atas
Nutrition
Anak susah makan itu memang ada masanya. Siapa yang bisa meng-handle? tidak lain adalah kita sendiri. Apa kata dokter spesialis anak tentang bagaimana supaya anak mau makan?
Dari 3 dokter yang pernah saya temui, 1 dokter menyarankan supaya makan anak dijadwalkan, 1 dokter menyarankan supaya makanan anak divariasikan, dan 1 dokter menyarankan supaya beri makan anak sedikit2 tapi sering. Loh mana yang betul? semuanya betul.

(1) Jadwalkan makan.
Setiap saya terlambat memberikan makan ke anak, alias jam makan sudah lewat, anak lebih susah makan dibandingkan menyuap di jam makan yang sudah terjadwal. Jadi makanan harus sudah siap dan tersedia saat si anak lapar.
(2) Makan sedikit-sedikit, tapi sering, dan (3) variasikan makanan.
Anak mudah bosan dengan jenis makanan yang sama. Jadi saya coba berikan makanan secukupnya (suapan ke 6 misalnya sudah ga mau), saya stop dan saya coba berikan dessert. Jadi sehari ada 3 makan besar dan 2 dessert, kalau dijumlah insyaallah kalori nya cukup.
Memvariasikan makanan ternyata tidak sulit, disamping makanan besar yang sama dengan yang kita makan, kita bisa sisipkan dessert ini, mudah buatnya, enak, dan bergizi 

1. Bubur kacang hijau (tanpa santan)
Mung Bean
Kacang hijau (biasa dikenal dengan mung-bean) punya nutrisi yang sangat baik. 202gr kacang hijau (sudah direbus) memuat 212 kalori, dan proteinnya cukup tinggi (14.2g). Untuk snack Lingga, biasanya saya buat 2 genggam kacang hijau, dibersihkan dan direbus sampai mendidih dan butiran kacangnya pecah, kemudian ditambahkan 1 butir gula merah dan sedikit garam. Kalau anak belum bisa nelan butiran kasarnya, bisa diblender dulu sebelum disajikan.

2. Pisang coklat keju (tanpa martabak  )
Pisang Coklat Keju
Pisang punya nutrisi yang baik untuk tubuh. 1 buah pisang kurang lebih beratnya 100g. Menurut nutritiondata, 225gr pisang memuat 200 kalori, jadi 1 butir pisang memuat +/-100 kalori.
Snack pisang-coklat-keju biasa saya sajikan untuk Lingga sebagai snack pagi/sore, lumayan bisa untuk menambah kebutuhan kalori anak yang lagi super aktif. 1 buah pisang di potong-potong kecil, kemudian disiram susu kental manis coklat, dan diberi parutan keju diatasnya, jadi salah satu makanan favorit Lingga.

3. Spaghetti daging cincang
Spaghetti
Kadang, kalau lingga bosan dengan nasi, saya coba selingi dengan spaghetti + daging cincang + keju + susu. Cara buatnya sangat gampang, spaghetti direbus dengan garam sampai empuk, tiriskan, rebus lagi dengan menambahkan susu (jika suka) dan parutan keju. Sajikan dengan daging cincang. Daging cincang bisa dibuat dengan saus tomat (bawang bombay+ saus tomat+ tomat) atau dengan resep biasa (bawang putih + gula merah + saus tiram) diberi parutan keju.

Creamy Oatmeal


6. Sari Jeruk
2 butir jeruk, diperas, dan disaring. Lingga lahap sekali kalau diberi air sari jeruk ini walau sedikit asam, mungkin karena rasanya yang segar jadi enak di tenggorokannya.



9. Macam2 Bakso
Bakso goreng sapi
Bahan bakso buat si kecil dibuat dari 80-100gr daging (sapi/udang/ikan) + 2sdt terigu + 1/2 sdt kanji + garam dan merica secukupnya + 2butir telur puyuh + 1/2 siung bw putih. Semua bahan diaduk jadi adonan bakso, lalu direbus dalam bentuk bulatan kecil2. Air rebusan bisa ditambah bw putih, daun bawang, seledri, dan garam untuk kuahnya. Bakso goreng juga disukai si kecil.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates