Rabu, 18 September 2013

Tumbuhkan Kreatifitas Bayi Lewat Cerita

Sebagai orang tua, kita tidak perlu menunggu anak sudah bisa membaca dan berbicara dengan lancar untuk membacakan cerita. Bayi yang masih kecil memang tampak belum mengerti dan bisa memahami cerita. Namun kita harus tahu bahwa pada kenyataannya bayi sedang menerima proses input, menyerap segala sesuatu yang terjadi di sekitar dan kemudian memprosesnya. Membacakan cerita kepada bayi sejak kecil, akan memperkaya tahapan penting bagi bayi dalam perkembangan menumbuhkan kreatifitas bayi lewat cerita terutama kemampuan membaca dan berbicara.

Saat akan membacakan cerita kepada bayi carilah kursi yang nyaman dan taruhlah bayi di pangkuan Anda. Setelah itu, bacakan satu buku cerita kepada bayi dengan nada sesuai alur cerita. Gunakan intonasi suara yang menarik sesuai dengan isi cerita. Gaya bercerita ini akan menjadi bahasa komunikasi. Anda dengan bayi saat cerita tersebut dibacakan. Selain itu, jalinlah kontak mata dengan bayi. Selipkan pembicaraan kecil dan panggil namanya serta berbicara dengannya tentang cerita yang Anda bacakan. Kegiatan membacakan cerita ini akan membantu menumbuhkan kreatifitas bayi lewat cerita secara tidak langsung.

Membacakan cerita kepada bayi bisa juga dilakukan ketika ibu memberikan ASI. Bisa pula dengan melibatkan anggota keluarga untuk mendapatkan suasana yang lebih hidup. Jika kegiatan membacakan cerita dilakukan secara rutin, kecerdasan bayi juga akan semakin terbentuk. Kecerdasan adalah satu hal yang membedakan satu manusia dengan manusia lainnya. Pada dua tahun pertama usia anak, perkembangan otak begitu pesat. Pada saat usia anaak menginjak dua tahun, 80% ukuran otaknya sudah mendekati ukuran otak orang dewasa. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya pola pengasuhan anak sejak ini agar terbentuk dasar-dasar perkembangan pertumbuhan anak selanjutnya.

Anak memiliki perkembangan bahasa yang sangat menarik. Ada 3 hal yang menjadi strategi seorang anak memperoleh kemampuan bahasanya, yaitu dengan : meniru, mengulangi, dan merangkai kata-kata menjadi kalimat. Bercerita adalah salah satu strategi menambahkan kosakata pada anak dengan mengenalkan bahasa sejak dini saat masih bayi. Dengan sendirinya kebiasaan bercerita yang kita lakukan akan menumbuhkan kreatifitas bayi dalam perkembangan kemampuan bahasa yang dimilikinya.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates