Rabu, 18 September 2013

Bayi Masih Dalam Kandungan, Perlukah Diajak Berbicara ?

Janin yang ada di dalam rahim, sejatinya sudah bisa mendengar suara yang berasal dari luar rahim setelah usia kehamilan 23 minggu. Pada saat itu, bayi sudah mulai bisa membedakan suara luar yang didengar dan dia sudah bisa mengenali suara ibunya. Oleh karena itulah, mengajak berbicara bayi sejak dalam kandungan itu penting sekali. Komunikasi bisa dilakukan dengan mengajaknya berbicara, mendengarkan musik, membacakan cerita atau membacakan puisi untuknya. Kebiasaan komunikasi ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis, membaca dan kekayaan bahasa bayi kelak.

Saat bayi berada di dalam kandungan, indera pendengarannya dibantu oleh air ketuban sebagai penghantar suara yang baik. Janin pun mampu mendengar suara aliran darah melalui plasenta, suara denyut jantung dan suara udara di dalam usus. Bahkan janin akan bereaksi cepat ketika mendengar suara yang keras yang mampu membuat bayi melompat. Oleh karena itulah sangat penting bagi orang tua untuk mendengarkan suara-suara positif kepada bayi sejak dalam kandungan. Suara musik yang lembut, akan membuat bayi merasa tenteram.

Mengajak berbicara bayi sejak dalam kandungan bisa dengan memberikan sapaan kepada bayi saat akan tidur maupun bangun tidur. Sapalah bayi dengan sapaan sayang sebagaimana Anda menyapa suami atau orang-orang yang Anda sayangi. Akuilah keberadaan bayi dengan memberikan sapaan sayang kepadanya. Selain itu, mengajak bayi berbicara dalam setiap aktivitas akan membuat hari-hari bayi lebih bahagia dan dia bisa belajar lebih tentang dunia di sekitar yang belum bisa dilihatnya.

Ketika bayi melakukan tendangan di perut, ajaklah dia berbicara. Katakanlah Anda berada di dekatnya dan sangat menyayanginya. Menyanyilah untuk bayi Anda sebelum mengajaknya tidur. Anda pun bisa mengajaknya berdoa setiap akan melakukan aktivitas. Kegiatan ini akan membuat bayi semakin peka dengan suara yang didengarnya dari dalam rahim. Sesekali, tutuplah mata Anda dan letakkan kedua tangan di atas perut, hiruplah udara dan bernapaslah secara alami. Bayangkan bayi Anda sedang bermain. Rasakan cinta dan kehangatan yang akan menambah rasa bahagia untuk Anda dan bayi. Mengajak berbicara bayi sejak dalam kandungan ini juga merupakan bagian dari pembentukan karakter anak sejak dini.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates