Rabu, 18 September 2013

Manfaat Mainan Dooh

Mungkin beberapa orangtua belum mengetahui apa itu mainan dooh. Mainan dooh adalah sejenis mainan plastisin yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis bentuk dengan berbagai macam varian warna. Berbeda dengan plastisin yang cenderung berbahaya karena terbuat dari bahan kimia seperti lilin dan cenderung berminyak serta berbau, dooh terbuat dari semacam tepung dengan bahan dasar air, sehingga tangan anak akan mudah dibersihkan menggunakan sabun biasa usai bermain. Apa saja kegunaan dan manfaat mainan dooh untuk balita usia 2-5 tahun?

 Kegunaan dan manfaat

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat mainan dooh untuk balita usia 2-5 tahun sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Motorik halus. Dooh bermanfaat untuk melatih motorik halus balita ketika hendak berkreasi membuat berbagai macam bentuk. Balita akan mengembangkan kemampuan untuk mengatur kekuatan tenaga jari-jemari dalam memberikan penekanan.
  • Koordinasi. Koordinasi antara mata dan jemari juga dapat dikembangkan ketika sedang membuat berbagai bentuk. Koordinasi ini berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan parsial atau kecerdasan dimensional suatu bangun ruang.
  • Kreatifitas. Kreatifitas atau ide untuk membuat jenis bentuk bangun ruang juga dapat dikembangkan berdasarkan apa yang diingat atau pernah dilihatnya. Misalnya stimulasikan balita untuk membuat mobil-mobilan ataupun gelas dengan mengambilkan contoh atau model.
  • Ketrampilan dan ketangkasan. Balita yang terbiasa berkreasi menggunakan jemari ketika bermain dooh juga bermanfaat untuk melatih dan mengembangkan ketrampilan dan ketangkasannya seperti membuat bola, gelas atau bahkan membuat berbagai jenis bentuk bidang datar seperti lingkaran, segitiga ataupun persegi.
  • Sensorik. Balita akan mengembangkan kemampuan sensoriknya dengan cara perabaan, sehingga mengetahui dengan detail bentuk permukaan suatu benda, misalnya rata atau bergelombang. Tidak ada salahnya menggunakan fasilitas cetakan dengan permukaan bertekstur yang terkadang sudah tersedia dalam kemasan.
Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan dooh untuk balita usia 2-5 tahun yang sebaiknya diketahui orangtua. Berikan terus stimulasi kepada balita dengan mengajak bermain bersama seperti membuat gelas ataupun membuat bola. Bermain bersama juga bermanfaat untuk mendekatkan hubungan emosional antara orangtua dan anak.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates