Rabu, 18 September 2013

Menciptakan Quality Time untuk Ibu Bekerja dan Anak di Usia 5-12 Tahun

Menjadi seorang wanita yang berhasil dalam segala hal, baik dalam keluarga maupun karir adalah hal yang sangat didambakan oleh setiap wanita. Namun terkadang untuk menuju semua itu membutuhkan sebuah pengorbanan yang cukup. Seperti halnya seorang ibu rumah tangga, yang oleh banyak faktor mengharus dirinya untuk ikut membantu suami mencari nafkah demi tercukupinya kebutuhan hidup. Pilihan bekerja diluar rumah adalah hal yang banyak terjadi. Tak pelak sang ibu harus meninggalkan buah hatinya dengan cara menitipkan kepada orangtua atau menyewa seorang asisten rumah tangga untuk membantunya mengasuh sang buah hati. Alhasil waktu kebersamaan dengan anak menjadi berkurang atau bahkan kerap tak memiliki waktu luang bersama anak. Hal tersebutlah yang mengakibatkan akhirnya anak tak memiliki kedekatan dengan orangtuanya. Oleh sebab itu mengapa ibu yang memiliki karir dalam bekerja, ada baiknya harus dan wajib menciptakan quality time untuk ibu bekerja dan anak di usia 5-12 tahun.

Anak dengan usia 5-12 tahun sudah memiliki daya nalar yang cukup tinggi. Mereka sudah menyadari apa yang terjadi pada sekitarnya, bahkan pada permasalahan yang dihadapi orangtuapun mereka mulai mengerti dan paham. Sudah menjadi tugas orangtua untuk memberikan penjelasan mengenai apa yang mereka lihat dan rasakan. Jangan biarkan anak mengetahui hal-hal atau pengetahuan tanpa mendapat penjelasan yang tepat sehingga membuat anak menebak dan meraba. Wajib meluangkan waktu ditengah kesibukan adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang ibu bekerja. Ajaklah anak-anak di hari sabtu atau minggu berolahraga ke tempat-tempat umum atau keramaian yang biasanya digunakan sebagai pusat kebugaran. Atau ajaklah anak untuk berkomunikasi tentang kegiatan mereka di rumah dan sekolah, biarkan mereka bercerita apa adanya. Serta buatlah suasana senyaman mungkin sehingga mereka tak merasa memiliki batasan antara orangtua dan anak. Berbicara seolah kita adalah temannya adalah cara yang baik selain menjadikan anak terbuka, merekapun akan merasa dihargai pendapat maupun sikapnya. Semua hal yang telah disebutkan diatas merupakan beberapa contoh bagian dalam menciptakan quality time ibu bekerja dan anak di usia 5-12 tahun.

Mampu menciptakan quality time untuk ibu bekerja dan anak di usia 5-12 tahun merupakan salah satu pencapaian terbaik bagi ibu bekerja dalam menjaga komunikasi dan hubungannya dengan keluarga. Dengan begitu walaupun segudang kesibukan menyita waktu, ibu bekerja tetap memiliki waktu terbaik bagi keluarga tercinta.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates