Rabu, 18 September 2013

Manfaat Mainan Walkie Talkie

Stimulasi secara periodik pada usia balita 2-5 tahun merupakan salah satu cara efektif agar proses pertumbuhan dan perkembangan balita menjadi makin optimal. Stimulasi yang diberikan ini hendaknya dilakukan pada setiap kesempatan dan waktu serta ketika berada dimanapun. Salah satu bentuk stimulasi yang dapat diberikan pada balita dapat berupa rangsangan suara baik secara langsung ataupun menggunakan alat. Walkie talkie barangkali merupakan salah satu alat yang dapat digunakan sebagai salah satu bentuk stimulasi untuk balita usia 2-5 tahun. Apa saja kegunaan dan manfaat mainan walkie talkie untuk balita usia 2-5 tahun?

 Kegunaan dan manfaat

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat mainan walkie talkie untuk balita usia 2-5 tahun sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Komunikasi-bahasa. Penggunaan mainan walkie talkie sebagai salah satu alat komunikasi satu arah bermanfaat untuk melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi-bahasa balita. Balita dapat mempelajari perbendaharaan ataupun kosa kata baru yang mungkin tidak dimengerti sebelumnya.
  • Sensorik. Sebagai alat komunikasi satu arah, terdapat satu tomol pada walkie talkie yang harus ditekan ketika hendak berbicara dan harus dilepaskan ketika hendak mendengar. Menekan switch tombol komunikasi pada walkie talkie bermanfaat untuk mengembangkan indera peraba atau saraf sensorik balita.
  • Keterampilan. Mainan walkie talkie juga bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan berbahasa, terutama dalam menyususn sebuah kalimat. Selain digunakan untuk komuniksai, walkie talkie juga dapat digunakan sebagai sarana agar anak mau bernyanyi ketika diminta bernyanyi melalui walkie talkie.
  • Koordinasi. Menekan dan melepas kembali tombol yang digunakan untuk berbicara bermanfaat untuk melatih dan mengembangkan kemampuan koordinasi jari-jemari. Sering ditemui balita yang asyik menekan dan melepaskan kembali tombol ini hanya untuk sekedar melatih keterampilan ataupun koordinasi antara jemari dan organ penglihatannya.
Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan walkie talkie untuk balita usia 2-5 tahun yang sebaiknya perlu diketahui orangtua. Berikan terus stimulasi dalam bentuk percakapan ataupun nyanyian agar kemampuan kognitif dan motorik halus balita mengalami perkembangan yang optimal. Walaupun orangtua mungkin terkesan “cerewet” ketika memberikan stimulasi, pada faktanya balita yang jarang sekali mendapatkan stimulasi komunikasi akan berpotensi mengalami gangguan berkomunikasi ketika usianya beranjak dewasa.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates