Rabu, 18 September 2013

Cara Merawat Bayi: Musik Yang Tenang

Dalam proses tumbuh kembang bayi dan balita, tidak hanya proses tumbuh kembang secara fisik saja yang diperhatikan, tetapi juga tumbuh kembang secara psikologis yang mencakup kecerdasan intelegensi, mental serta emosional juga harus diperhatikan. Tumbuh kembang secara fisik dapat dipenuhi dengan asupan makanan yang memiliki nutrisi seimbang mencakup karbohidrat, protein, lemak serta vitamin, sedangkan proses tumbuh kembang secara psikologis bisa didapatkan melalui berbagai macam proses stimulasi atau rangsangan lewat aktifitas yang menyenangkan. Salah satu bentuk stimulasi yang tepat dalam merawat bayi adalah melalui rangsangan lewat pendengaran, termasuk diantaranya lewat musik.

Kegunaan dan Manfaat

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat cara merawat bayi dengan musik yang tenang, sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  1. Psikologis. Efek psikologis yang bisa didapatkan dengan penggunaan irama musik yang tenang dan seirama dengan detak jantung sebagai pengantar tidur bayi akan memberikan efek menenangkan, demikian yang pernah diungkapkan dalam sebuah jurnal penelitian di Inggris. Efek menenangkan atau relaksasi ini akan membuat istirahat bayi lebih berkualitas.
  2. Kecerdasan. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Swedia dan Jerman, diungkapkan bahwa penggunaan musik tertentu yang memiliki kesamaan frekuensi dengan gelombang otak, akan mampu meningkatkan respons syaraf otak dan sinapsnya dalam mengolah suatu informasi.
  3. Keterampilan. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Prancis, diungkapkan bahwa hampir 60% bayi yang diberikan rangsangan musik, akan memiliki tingkat perkembangan otak kanan yang berbeda dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan rangsangan musik. Perkembangan otak kanan ini berpengaruh pada ketrampilan balita dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
  4. Keseimbangan otak. Rangsangan lewat musik juga berpengaruh pada keseimbangan otak kiri dan otak kanan, demikian dikatakan oleh salah seorang psikolog anak dan balita ternama.
Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat cara merawat bayi dengan musik yang tenang yang sebaiknya perlu diketahui orangtua. Namun demikian, untuk mendapatkan hasil yang optimal, akan lebih baik apabila stimulasi dengan irama musik ini dilakukan ketika bayi hendak berangkat tidur.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates