Rabu, 18 September 2013

Pengaruh Musik untuk Perkembangan Otak Bayi

Musik dan bernyanyi adalah hal yang menyenangkan yang suka dilakukan oleh hampir semua orang. Kegiatan tersebut juga kerap dilakukan oleh para orangtua dalam mengasuh buah hatinya. Banyak orang tua yang mempercayai bahwa musik memiliki pengaruh musik untuk perkembangan otak bayi. Karena banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa musik memiliki peranan untuk mengembangkan beberapa aspek yang ada di dalam otak bayi.
Berikut ini adalah beberapa pengaruh positif musik pada perkembangan otak bayi :
  1. Musik dapat mengembangkan aspek kognitif. Dengan mendengarkan musik, tanpa kita sadari bahwa aspek kognitif bayi sedang berkembang. Aspek kognitif adalah kemampuan otak di dalam menciptakan daya fantasi dan juga memvisualisasikan segala hal yang ditangkap oleh otak. Saat mendengarkan musik, syaraf yang ada di otak akan terangsang. Kemudian, si bayi akan mulai untuk menggerakan beberapa bagian kecil dari tubuhnya, dengan atau tanpa kita sadari. Inilah sebagai awal kemampuan kognitif dalam dirinya akan terbentuk.
  2. Musik berpengaruh pada kecerdasan emosional. Dengan mendengarkan musik, si bayi akan mendalami bagaimana lantunan lirik dan nada yang ada di dalam musik tersebut. Inilah yang akan mendorong rasa empati si bayi untuk dapat merasakan apa yang ada di sekelilingnya. Ia akan mulai untuk belajar menganalisa mana musik yang menunjukan perasaan bahagia ataupun mana musik yang mengungkapkan perasaan senang dan suka. Hal ini akan terus ada di dalam diri si bayi dan dibawa terus sepanjang proses perkembangan yang ia jalani sampai beranjak dewasa. Dengan bekal ini, si bayi juga akan mampu untuk mengolah emosi dan perasaan dirinya sendiri.
  3. Meningkatkan kemampuan dalam berbahasa dan berbicara. Musik akan merangsang syaraf otak dengan memberikan stimulan berupa alunan musik itu sendiri. Inilah yang akan menjadi hal yang sangat baik untuk merangsang bayi lebih cepat mengenal bahasa. Rangsangan ini juga akan memberikan feedback berupa daya kata dari si bayi walaupun masih dalam bentuk yang sangat sederhana atau tak dapat dipahami oleh siapapun juga. Namun, musik ini akan membuat diri si bayi lebih dekat dengan dunia kata-kata.
Itulah pengaruh musik untuk perkembangan otak bayi. Karena inilah, tak sedikit orang tua yang sudah mendekatkan dunia musik kepada bayinya.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates