Rabu, 18 September 2013

Cara Merawat Bayi: Pakaian Yang Nyaman

Dalam proses pengasuhan bayi dan balita, kenyamanan merupakan salah satu faktor pendukung agar proses tumbuh-kembang balita secara psikologis dan emosional tidak terganggu. Menurut salah seorang pakar psikolog anak dan balita, diungkapkan bahwa bayi ataupun balita yang merasa kurang nyaman dalam keadaan lingkungannya, berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan tumbuh-kembang secara psikologis maupun emosional ketika beranjak dewasa kelak. Untuk memperkecil resiko kemungkinan terjadinya gangguan ini, ada baiknya jika semenjak dini bayi dibiasakan berada dalam lingkungan yang nyaman, termasuk diantaranya pemilihan pakaian.

Kiat dan Tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips cara merawat bayi dengan pakaian yang nyaman sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  1. Bahan. Untuk pemilihan bahan kain, pergunakan pakaian bayi yang terbuat dari kain yang halus serta mudah menyerap keringat seperti kain katun. Kain yang mudah menyerap keringat berguna untuk mempertahankan kelembaban kulit bayi sehingga tidak mudah mengalami iritasi kulit.
  2. Ukuran. Usahakan memilih pakaian yang sesuai dengan ukuran bayi. Pakaian yang terlal kecil akan terasa menyiksa bagi bayi karena geraknya akan terbatas, sedangkan pakaian yang terlalu longgar juga menyebabkan ada bagian tubuh bayi yang kurang tertutup.
  3. Harga. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa semakin bagus mutu sebuah pakaian, makin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Namun tetap juga harus memperhatikan nilai ekonomisnya, karena tumbuh kembang bayi memang relatif cepat, sehingga seringkali pakaian sudah tidak muat lagi pada waktu yang tidak terlalu lama.
  4. Pencucian. Satu hal penting yang harus diingat ketika dalam proses pencucian adalah sebisa mungkin menghindari penggunaan mesin cuci serta penjemuran dibawah terik matahari secara langsung. Tindakan ini akan berpotensi menyebabkan serat pakaian menjadi rusak dan kasar. Tidak ada salahnya jika diberikan tambahan bahan pelembut ataupun pelicin pakaian, namun perhatikan apakah dapat memicu terjadinya alergi atau ruam kulit bayi.
Demikianlah beberapa kiat dan tips cara merawat bayi dengan pakaian yang nyaman untuk memperkecil resiko terjadinya gangguan secara psikologis ataupun emosional.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates