Rabu, 18 September 2013

Mainan Anak Aquadoodle

Mungkin banyak orang tua yang belum memahami apa itu mainan anak aquadoodle. Mainan aquadoodle adalah sejenis mainan edukatif untuk balita usia 2-5 tahun yang cocok dimainkan tanpa perlu memperhatikan jenis kelamin atau beda gender. Mainan anak ini berbentuk seperti alat tulis, baik pensil ataupun bolpoint yang bisa diisi dengan air. Tidak hanya berwarna bening, namun pada setiap alat tulis juga telah dilengkapi dengan zat pewarna yang aman digunakan, sehingga balita tidak akan mudah jenuh dalam memainkannya. Ukuran dan bentuknya tidak terlalu kecil ataupun besar dan disesuaikan dengan ukuran genggaman tangan mungil balita yang sedang berkembang. Apa saja kegunaan dan manfaat mainan ini?

Kegunaan dan manfaat

Berikut beberapa kegunaan dan manfaat mainan anak aquadoodle sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Motorik kasar. Balita akan belajar melatih kemampuan motorik kasarnya dalam menggenggam ataupun menggambarkan aneka bentuk garis ataupun lengkung. Dengan aneka macam warna yang dapat dipilih, balita bisa juga belajar memberikan warna tertentu dalam setiap aneka bentuk bangun datar yang tersedia.
  • Kognitif. Kecerdasan kognitif balita akan dapat distimulasikan dengan memahami dengan benar aneka jenis dan macam warna yang tersedia. Menurut jurnal penelitian yang pernah dipublikasikan, dikatakan bahwa kecerdasan kognitif balita akan mudah berkembang melalui stimulasi musik dan warna yang dilakukan secara sistemik. Kecerdasan yang bisa dikembangkan antara lain pengenalan bentuk, huruf dan angka.
  • Keterampilan. Bosan dengan warna yang itu-itu saja? Dengan menggabungkan beberapa jenis warna, balita akan belajar mengembangkan keterampilannya dalam pemilihan gradasi warna yang dianggap paling ideal. Belum lagi keterampilan untuk merangkaikan huruf ataupun mengurutkan abjad yang bisa dilatih menggunakan mat atau alas dengan sistem jiplak.
  • Imajinasi. Bebas mencorat-coret apapun dalam bidang gambar merupakan salah satu bentuk penggambaran daya imajinasi balita terhadap suatu obyek benda yang pernah dilihatnya, demikian dikatakan oleh salah seorang psikolog anak terkemuka. Hanya saja karena kemampuan motorik halus dan kasarnya masih terbatas, bagi orangtua seringkali yang terlihat hanyalah coretan tanpa makna.
Begitu banyaknya kegunaan dan manfaat mainan anak aquadoodle bagi balita usia 2-5 tahun, maka ada baiknya apabila orangtua mencoba membelikan mainan ini sebagai salah satu alternatif mainan edukatif dan berikan pula pendampingan.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates