Rabu, 18 September 2013

Membiasakan Balita Belajar Etika Di Jalan Raya

Wah pasti was-was ya jika anak-anak ada di jalan raya. Betul bunda jalan raya penuh dengan bahaya. Bayangkan saja jika anak-anak berlarian di jalan, bisa-bisa tertabrak kendaraan yang melaju cepat. Bunda harus mengajari etika di jalan raya sejak balita. Memberi pelajaran etika di jalan raya berarti bunda telah mengurangi resiko bahaya yang dapat terjadi pada anak bunda saat berada di jalan raya. Beberapa hal yang perlu bunda lakukan untuk membiasakan balita belajar etika di jalan raya akan diulas dalam artikel ini.

Lakukan dengan pembelajaran sederhana

Pelajaran yang kedua adalah menyeberang jalan. Salah satu yang berbahaya saat berada di jalan raya adalah menyeberang jalan. Berilah arahan serta contoh kepada balita untuk menyeberang di zebra cross saat lampu pejalan kaki berwarna hijau atau lampu kendaraan berwarna merah. Katakana padanya untuk berjalan saat lampu hijau bergambar orang mulai menyala dan lampu merah yang tak bergambar menyala di saat bersamaan. Dengan begitu balita mengerti bagaimana harus menyeberang saat berada di jalan raya.
Saat mulai beranjak dewasa dan mulai bermain-main dengan sepeda, jangan lupa memberi tahu balita bunda cara bersepeda yang aman. Selalu katakan untuk berada di sisi paling kiri jalan agar tidak tertabrak kendaraan yang berlalu lalang. Katakan untuk selalu waspada dan menengok kanan serta kiri saat akan berbelok. Selalu ajarkan mengenai keselamatan berkendara seperti mengenakan helm sepeda serta pelindung lutut dan siku untuk menghindari cedera saat jatuh dari sepeda.

Orang Tua Pun Harus Belajar

Ya, orang tua jua harus belajar. Jangan sampai orang tua mengajari hal-hal yang baik namun orang tua sering mengabaikan keselamatan mengemudi atau melanggar rambu lalu lintas di jalan. Ingat anak anda menangkap contoh yang anda berikan dan merekamnya dengan sangat baik hingga dewasa. Jadi pada intinya jadilah contoh bagi balita anda.
Bunda penting sekali lho untuk membiasakan balita belajar etika di jalan raya. Kemampuan mengenali rambu serta etika-etika lain di jalan raya dapat membantu mengurangi resiko bahaya balita anda di jalan raya. Mengajarinya sekarang berarti mengajarinya untuk selamanya kan bunda, karena kita tahu bahwa otak balita adalah otak yang sangat cemerlang, bahkan sering disebut periode emas perkembangan otak.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates