Rabu, 18 September 2013

Cara Menangani Bayi Terjatuh

Faktanya hampir semua bayi pernah terjatuh dan setiap ibu pasti panik ketika melihat bayinya yang masih kecil dan rentan itu terjatuh. Tapi parahnya, terkadang kepanikan ibu malah akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan merasa kesakitan, karena tidak semua posisi berbahaya ataupun sebaliknya ibu juga jangan terlalu cuek melihat bayinya terjatuh. Oleh sebab itu, penting sekali menambah wawasan ibu untuk mengetahui bagaimana sebaiknya cara menangani bayi ketika jatuh.

Langkah-Langkah Penanganan Bayi Ketika Terjatuh

  1. Langsung mengangkatnya secara perlahan dan meletakkan bayi pada tempat yang nyaman dan rata untuk melihat keadaannya serta lukanya.
  2. Jangan mengangkat bayi terlalu cepat karena dapat membahayakan tubuhnya yang mungkin saja mengalami benturan keras atau luka.
  3. Hilangkan kekagetan bayi dengan cara memberikan minum. Mengelus tubuhnya perlahan agar bayi merasakan ketenangan bersama ibu disampingnya.
  4. Mengecek tubuhnya secara perlahan dari ujung kepala hingga ujung kaki serta punggungnya, sebelum dibawa ke dokter.
  5. Jika terdapat luka pada bagian tubuhnya, segera bersihkan dan hentikan perdarahan dengan menggunakan perban.
  6. Jika menemukan memar, gunakan bongkahan es dalam kantung untuk mengompres luka memarnya. Es dapat membantu menghilangkan memar.
  7. Jika menemukan bagian tulang yang patah, segera bawa bayi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif atau tidak perlu membawanya ke rumah sakit, tapi ibu harus betul-betul memperhatikan kemajuan si bayi dari hari ke hari, seperti apakah ia menjadi mudah cengeng, selera makannya turun, pola tidurnya berubah, dan apakah ia menjadi malas-malasan. Seandainya contoh itu terjadi pada bayi Anda, segeralah dibawa ke dokter untuk melihat apakah ada tubuh bagian dalam yang mengalami gangguan atau memang ada benturan keras dan jatuh pada bagian kepala.
Cara penanganan bayi yang terjatuh tidak selalu sama, akan tetapi pencegahan selalu lebih baik. Awasi selalu bayi kesayangan ibu ya

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates