Rabu, 18 September 2013

Mainan Mobil-Robot

Demam transformers yang pernah meledak beberapa waktu yang lalu, mau tidak mau berpengaruh pula pada aneka jenis mainan anak yang bisa dengan mudah diubah menjadi mobil ataupun robot. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pada usia 2-5 tahun, balita masih senang berimajinasi dengan tokoh-tokoh animasi yang sering dilihatnya pada layar kaca. Menurut salah seorang pakar perkembangan anak, dikatakan bahwa mainan mobil-robot yang bisa diubah sesuai dengan keinginan anak, sebenarnya memiliki berbagai macam kegunaan dan manfaat dalam proses tumbuh-kembangnya. Apa saja kegunaan dan manfaatnya?

 Kegunaan dan manfaat

Berikut berbagai kegunaan dan manfaat mainan mobil-robot menurut salah seorang pakar tumbuh kembang anak, yaitu:
  • Ketrampilan. Dengan terbiasa mengutak-atik bentuk robot-mobil, balita sedang mengasah ketrampilan motorik kasarnya serta koordinasi antar jemari, tangan dan mata. Jadi tidak mengherankan apabila balita gemar mengerjakan suatu aktifitas berulang-ulang dengan tujuan agar melatih koordinasi dan keterampilan anggora gerak.
  • Imajinasi. Bercerita kembali dengan menggunakan media mainan mobil-robot berdasarkan tokoh animasi yang pernah dilihatnya bermanfaat untuk melatih daya imajinasi serta kemampuan untuk menyusun kronologis atau urutan sebuah cerita. Kemampuan imajinasi dan pengurutan alur cerita bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak.
  • Psikologis dan emosional. Penanaman nilai benar-salah dalam sebuah cerita animasi yang coba diceritakan kembali oleh anak lewat mainan mobil-robot ini, bisa dijadikan pegangan anak untuk bersikap dan bertingkah-laku yang baik. Moral cerita penanaman tokoh pahlawan dan musuh atau penjahat, merupakan salah satu penanaman character building yang hendaknya ditanamkan semenjak dini, demikian menurut pakar tumbuh-kembang anak ini.
  • Sosialisasi. Bermain peran dengan teman sebayanya yang barangkali mempunyai jenis mainan yang sama, bisa dijadikan sarana sosialisasi atau pertemanan sambil belajar mempertahankan argumentasi moral tentang penjahat-pahlawan.
Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan mobil-robot menurut salah seorang pakar tumbuh kembang anak. Namun demikian, ada baiknya jika orangtua juga ikut memberikan pengawasan agar tidak terjadi tindakan kekerasan, baik secara fisik ataupun verbal. Sudah menjadi rahasia umum bahwa permainan yang dimainkan bersama sesama balita rentan sekali terjadi tindakan kekerasan karena kontrol emosional yang masih labil.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates