Rabu, 18 September 2013

Menggali Potensi Kecerdasan Remaja

Sebagai orang tua, kita pasti akan merasa bangga dan senang sekali jika melihat anak kita tumbuh dengan baik dan memiliki tingkat kecerdasan yang baik pula. Untuk mencapai hal tersebut tentunya kita sebagai orang tua harus mampu menggali potensi kecerdasan anak sedini mungkin. Mendidik anak menjadi orang yang cerdas adalah harapan kita sebagai orang tua. Hal tersebut perlu dilakukan agar kelak ketika dewasa nanti anak memiliki sebuah masa depan yang cerah. Masa depan yang lebih baik daripada yang dijalani oleh orang tuanya saat ini.

Dengan kecerdasan yang dimilikinya Remaja akan bisa hidup di lingkungan apapun kondisinya. Jadi tidak heran jika para orang tua bekerja keras untuk menggali potensi kecerdasan Renaja tersebut. Meskipun demikian sebagai orang tua kita juga tidak boleh untuk melupakan hak-hak yang dimiliki oleh anak kita. Remaja memiliki hak yang harus diberikan oleh orang tuanya. Hak setiap anak adalah tetap bisa bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya mereka. Hal tersebut merupakan kebutuhan pokok bagi mereka karena usia Remaja adalah usia ingin mengenal . Jadi jangan pernah lupakan hal tersebut meskipun kita ingin sesuatu yang terbaik bagi anak kita kelak.

Adapun cara untuk menggali kecerdasan yang dimiliki oleh Remaja adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan segera. Jangan pernah menunda sesuatu yang baik untuk anak. Luangkan setiap waktu yang kita miliki untuk bisa mengajarkan dan bermain bersama anak. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari.
  2. Bermain sambil belajar. Buatlah suasana selalu menyenangkan bagi anak seperti sedang bermain. Dengan demikian anak tidak akan pernah sadar bahwa mereka sebenarnya sedang belajar dan tidak hanya bermain.
  3. Kita adalah cermin bagi mereka. Kita harus sadar bahwa sebagai orang tua adalah cermin yang akan ditiru oleh anak sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa kita merupakan guru yang terbaik bagi mereka. Oleh karena itu, kita harus bisa mengajarkan anak dengan baik.
  4. Kecepatan anak . Setiap anak memiliki tingkat penyerapan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus bisa mengimbangi kecepatan anak dalam belajar.
  5. Pupuklah percaya diri pada anak. Memupuk percaya diri adalah modal utama yang harus diberikan oleh orang tua kepada anak agar anak mampu menjalani kehidupannya di luar dengan baik.
Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menggali potensi kecerdasan anak. Yang terpenting adalah tetap memberikan waktu bagi anak-anak untuk bermain.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates