Rabu, 18 September 2013

Menciptakan Kegiatan Berkualitas untuk Anak Usia 5-12 Tahun

Anak dengan usia 5-12 tahun adalah anak yang telah memiliki daya nalar dan pemahaman yang cukup atas apa yang mereka lihat dan rasakan. Namun tentu saja semua hal tersebut tidak lepas dari peran orangtua yang memberikan penjelasan dengan cara yang baik dan bijaksana. Pemberian penjelasan dan arahan yang baik atas setiap sikap sebagai reaksi dari pembelajaran yang diterima akan membuat anak mengerti dan paham serta mampu menentukan sikap apa yang akan mereka lakukan, setidaknya mereka akan menjadi sedikit lebih tahu dan terlatih. Menciptakan kegiatan berkualitas untuk anak usia 5-12 tahun merupakan salah satu cara melatih anak untuk menjadi lebih mandiri dan tentu saja berkualitas. Lalu seperti apa saja kegiatan berkualitas yang bisa dilakukan? Silahkan simak dibaris berikutnya.
Menciptakan kegiatan berkualitas untuk anak usia 5-12 tahun merupakan hal yang mudah, karena tingkat pemahaman mereka atas suatu hal mulai tinggi. Sehingga tidak diperlukan waktu yang lama untuk memberikan penjelasan.
Berikut kegiatan yang bisa diikuti oleh anak dengan usia 5-12 tahun :

  1. Membangun taman bacaan mini di lingkungan tempat tinggal. Kegiatan ini tak memerlukan biaya yang besar, cukup dengan menggunakan halaman depan rumah, orangtua bisa melatih anak-anak untuk gemar membaca dan menulis. Untuk mencari bahan bacaan bisa dengan cara membeli aneka buku bacaan bekas pada salah satu pusat penjualan buku-buku di Jakarta. Buku bacaan tidak terbatas hanya dengan buku cerita, bisa dilengkapi dengan buku pengetahuan aneka binatang atau alam semesta.
  2. Mengajak anak untuk bergabung pada sebuah klub olahraga. Tentu saja olahraga yang diminati oleh anak-anak, seperti sepak bola, badminton, renang atau bela diri. Beri motivasi kepada anak agar anak mampu mencetak sebuah prestasi tapi dengan catatan tidak memaksa anak untuk melakukannya. Apapun yang dicapai anak, orangtua wajib menunjukkan kebanggaan dihadapan anak dengan memberikan ucapan selamat atau lain sebagainya.
  3. Ajak anak untuk menjelajahi alam pedesaan atau pegunungan. Dengan cara seperti itulah, orangtua bisa lebih baik lagi memperkenalkan siapa pemilik alam semesta beserta isinya, selain itu mampu membuat anak menjadi lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara memperkuat amalan dan ibadahnya.
Demikian 3 kegiatan berkualitas yang bisa diikuti oleh para orangtua dalam menciptakan kegiatan yang berkualitas untuk anak usia 5-12 tahun. Dengan terus berinovasi menciptakan berbagai kegiatan berkualitas diharapkan mampu membantu orangtua dalam mendidik dan mencetak generasi yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates