Rabu, 18 September 2013

Tips Menjadi Orang Tua dan Sahabat Bagi Anak Di Usia 5-12 Tahun

Menjadi orang tua di jaman ini, mungkin lebih memiliki tantangan. Teknologi yang berkembang pesat menjadikan anak-anak lebih mudah terpapar informasi dengan resiko baik dan buruk bagi perkembangan jiwanya. Menghadapi itu, cara mendidik konvensional dan otoriter mungkin sudah tidak dapat diterima. Kita, para orang tua, dituntut menjadi lebih cerdas dan bersahabat dengan mereka.

Tips menjadi orang tua dan sahabat bagi anak di usia 5-12 tahun yang pertama, adalah Berada di samping mereka ketika harus mengahadapi sesuatu yang baru mereka temui atau seseorang yang baru mereka kenal. Misalnya, sekolah dengan teman-teman, guru dan aktifitas yang baru pula. Menceritakan hal-hal menyenangkan untuk merangsang keingintahuan mereka adalah cara sederhana memotivasi anak-anak agar tetap percaya diri dan melepaskan kecemasan mereka perlahan-lahan. Berikan pujian bagi sekecil apapun keberhasilan yang sudah mereka lakukan. Kedua, sebagai orang tua Anda pasti memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi dan tidak boleh ditawar-tawar seperti bangun pagi, shalat tepat waktu, belajar teratur dan seterusnya. Tapi sebagai sahabat, Anda bisa membicarakan kewajiban-kewajiban mereka dengan lebih demokratis. Tetap tegas tetapi lebih hangat, berikan pandangan-pandangan Anda dan ingatkan terus konsekuensi yang akan mereka dapatkan jika tidak melakukan itu. Sepakati hukumannya untuk tetap mengajarkan disiplin kepada mereka.

Ketiga, di usia 5-12 tahun, anak-anak sangat mudah mengikuti orang lain, mungkin temannya atau seorang public figure . Pahami itu dengan ikut antusias ketika mereka bercerita, perlihatkan sisi baik dan buruknya si tokoh, sehingga secara tidak langsung Anda memberikan batasan sampai sejauh mana anak-anak bisa menirunya. Keempat, melibatkan diri dalam aktifitas yang mereka sukai. Misalnya menemani menonton film favoritnya, mengantar mereka menyaksikan pertunjukan boys band yang sedang digandrungi. Anda bisa membuat mereka senang dengan tetap memberikan pengawasan. Tips menjadi orang tua dan sahabat bagi anak usia 5-12 tahun yang keempat adalah menjadi pendengar yang baik. Ini tidak mudah, terutama bagi Anda yang memiliki kesibukan cukup padat. Tetapi langkah ini mutlak harus Anda lakukan, terutama jika anak-anak berada dalam kondisi galau atau bersedih. Berikan respon serius ketika mereka mengeluh, tetaplah bersabar saat mereka melakukan kesalahan. Terapkan optimisme bahwa kesalahan yang diselali dan diperbaiki seharusnya membuat mereka menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari.

Tips yang kelima adalah percaya. Memberikan kepercayaan kepada anak-anak untuk melakukan sesuatu yang mereka anggap mampu, adalah cara untuk membangun sikap mandiri dan tidak manja. Misalnya di usia 7 tahun Anda mulai mengijinkan mereka pulang sekolah dengan angkutan umum atau belajar bersama di rumah seorang teman tanpa diantar. Dan tips menjadi orang tua dan sahabat bagi anak usia 5-12 tahun yang terakhir adalah meminta maaf ketika Anda melakukan kesalahan. Jangan merasa gengsi atau malu.Hargai mereka dengan sikap ini, sehingga mereka akan melakukan hal yang sama kepada Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates