Rabu, 18 September 2013

Penanganan Yang Tepat Pada Balita Cacar Air

Penyakit cacar air adalah penyakit wajib yang pasti akan dialami oleh setiap orang. namun ketika penyakit tersebut datang dan melanda anak usia balita, apa yang harus kita lakukan? Banyak cara yang bisa dijadikan acuan dalam menangani balita cacar air. Kekhawatiran akan proses terjadinya penyakit yang akan dialami oleh sang buah hatilah yang mungkin sangat mempengaruhi setiap pikiran para orangtua, hingga terkadang mereka lebih memilih cara instan dengan langsung membawanya ke rumah sakit atau klinik terdekat.

Cacar air atau Varicella adalah kelainan pada kulit yang ditandai dengan adanya gelembung dipermukaan ruam yang berwarna kemerahan, gelembung tersebut berbentuk seperti tetesan embun. Seperti infeksi virus lainnya, cacar air umumnya ditandai dengan gejala prodromal, yaitu demam tinggi mendadak, sakit kepala, sakit sendi, mual dan muntah. Setelah itu akan timbul ruam kemerahan dan kemudian muncul gelembung berisi air diatas ruam. Dalam waktu 3-5 hari gelembung tersebut akan merata ke seluruh tubuh. Setelah itu akan mengempis dan timbul keropeng. Cacar air sangat menular sejak gejala prodomal muncul, juga melalui udara dan cairan gelembung.

Pada prinsipnya pengobatan dan penanganan yang tepat pada balita cacar air adalah dengan menjaga agar gelembung tersebut tidak pecah atau biarkan mengempis dengan sendirinya. Oleh karena itu cukup diberi taburan bedak pada permukaan kulit guna meredam rasa gatal yang berlebihan. Tidak memerlukan salep apapun termasuk salep asiklovir, salep ini hanya bekerja pada permukaan kulit sehingga diberikan pada virus herpes simplex. Sedangkan pada cacar air, virus berada dalam darah. Balita yang terkena cacar air diperbolehkan dan harus mandi sebagai cara menjaga kesegaran tubuh serta menghambat perkembangan bakteri atau virus lainnya. Tidak perlu PK atau sabun antiseptik lainnya, cukup air bersih dan sabun mandi biasa, usahakan menggunakan sabun mandi cair guna mengurangi gesekan pada kulit. Pemberian parasetamol dosis rendah juga diperlukan sebagai penanganan demam tinggi yang muncul sebagai bagian dari gejala prodromal.

Jika saat ini anda sedang mengalami kondisi diatas, tak ada salahnya mengikuti cara penanganan balita cacar air  tersebut dengan penuh kesabaran, Insya Allah semua akan berjalan dengan lancar dan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates