Kamis, 15 Agustus 2013

Manfaat Mainan Bola untuk Balita 2-5 tahun

Pemanfaatan dan penggunaan alat bantu mainan dalam proses tumbuh-kembang balita sebenarnya merupakan salah satu tindakan stimulasi yang tepat. Melalui alat bantu mainan, balita bisa belajar dan mengembangkan berbagai kemampuan motorik ataupun kemampuan kognitifnya melalui serangkaian aktifitas yang menyenangkan. Salah satu jenis mainan yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan dasar yang dimiliki balita adalah bola, seperti bola sepak ataupun bola basket. Apa saja kegunaan dan manfaat mainan bola untuk balita 2-5 tahun?

Kegunaan dan manfaat

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat mainan bola untuk balita 2-5 tahun sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Ketangkasan. Menangkap bola yang sedang bergulir ataupun menendang bola sesuai dengan arah yang tepat bermanfaat untuk melatih ketangkasan balita dalam menentukan posisi tubuh dan anggota gerak seperti tangan dan kaki terhadap laju ataupun arah bola.
  • Refleks. Balita akan memiliki gerak refleks yang lebih cepat dalam mengantisipasi pergerakan bola. Gerak refleks pada balita makin lama akan makin berkembang sebanding dengan usianya. Intensitas permainan bola yang makin sering dilakukan akan meningkatkan insting dan prediksi balita terhadap arah dan kecepatan bola.
  • Ketrampilan. Kemampuan menggiring bola, menendang kearah yang spesifik ataupun ketrampilan menangkap bola yang sebelumnya sulit dilakukan, lambat laun akan menjadi mudah dan ketrampilan balita akan makin berkembang seiring dengan intensitas stimulasi permainan yang diberikan.
  • Sosial. Bermain bola yang dilakukan dengan teman-teman sebayanya di luar rumah bermanfaat untuk melatih kecerdasan sosial dan kemampuan balita dalam bersosialisasi dalam bermasyarakat. Kemampuan sosialisasi balita ini sangat penting dalam kehidupannya kelak dalam bermasyarakat.
  • Stimulan. Menurut hasil penelitian yang pernah dipublikasikan, kombinasi olahraga dan asupan nutrisi yang seimbang akan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan fisik balita, sehingga melakukan olahraga secara rutin akan merangsang titik tumbuh tulang agar berkembang lebih optimal.
Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan bola untuk balita 2-5 tahun. Secara umum, stimulasi tumbuh kembang balita melalui proses permainan dan bermain baik yang menggunakan alat bantu mainan ataupun tidak, merupakan suatu tahap penting dalam pembelajaran dan penanaman nilai-nilai positif dalam kehidupan balita kelak di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates