Kamis, 15 Agustus 2013

Pertolongan Pertama Epistaksis Pada Anak

Epistaksis atau mimisan adalah  perdarahan yang keluar dari hidung dan biasa terjadi pada anak-anak. Perdarahan pada hidung adalah lepasnya lapisan mukosa pada hidung. Ada dua tipe epistaksis/mimisan yaitu:  tipe anterior (bagian depan) dan tipe posterior bagian belakang. Penyebab utama secara umum dari  mimisan adalah lokal dan sistematik.

Mimisan lokal adalah: mimisan yang di sebabkan karena terjadi kecelakaan. Seperti patah tulang hidung, kemasukan benda ke dalam lubang hidung, mengorek hidung terlalu keras dan hal ini biasa terjadi pada anak-anak. Mimisan sistemik adalah: mimisan yang terjadi akibat penyakit yang di derita pada tubuh si anak, seperti demam berdarah, leukemia, penyakit kuning.
Jika  anak Anda mengalami mimisan dan keluar darah yang terus menerus setelah 15 atau 20 menit, atau anak telah mengalami cederapada hidung, sebaiknya segera mencari bantuan medis. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk mencari bantuan medis  ada baiknya Anda melakukan hal sebagai berikut sebagai pertolongan sampai pertolongan medis datang.

Pertolongan pertama untuk mengatasi epistaksis/mimisan pada anak:

  • Sarankan si anak untuk duduk dan bersandar sedikit ke depan
  • Bernapas melalui mulut.
  • Jepit hidung sehingga hidung ditutup antara ibu jari dan telunjuk selama 10 menit
  • Kompres hidung dengan menggunakan es untuk mengurangi perdarahan yang keluar secara terus menerus.
  • Tutup lubang hidung dengan menggunakan daun sirih/kain kassa
  • Setelah pendarahan berhenti, kauterisasi dapat dilakukan secara kimia dengan menggunakan perak nitrat.
Selanjutnya, jika tindakan di atas gagal maka operasi akan menjadi solusi yang menyelamatkan jiwa. Kematian akibat epistaksis sangatlah jarang, namun alangkah baiknya apabila mencegah sedini  mungkin untuk terjadinya epitaksis/mimisan pada anak Anda.  
Untuk mencegah mimisan terjadi, cobalah memasang humidifier di kamar anak Anda. Lakukan pembersihan di bagian hidung pagi dan sore , diikuti dengan pemakaian Vaseline hanya di dalam lubang hidung untuk menjaga pembuluh darah lembab. Jika anak Anda memiliki beberapa alergi, jaga  kebersihan kamar anak Anda adalah hal yang utama, menjaga jendela dan pintu tetap tertutup.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates