Kamis, 15 Agustus 2013

Cara Mengobati Luka Memar Pada Anak

Para  orang tua terkadang mengabaikan saat menemukan luka memar pada salah satu bagian tubuh anaknya. Luka memar jika di biarkan amatlah berbahaya karena ada kemungkinan memicu tumbuhnya  ITP (immune Thrombocytopenic purpura) ITP   adalah kelainan pada darah yang menyebabkan kekebalan sistim imun berkurang pada manusia teruatam anak-anak. Menyebabkan trombosit turun dari kisaran normal yaitu 150-450 ribu perkilo meter  darah, tapi pada penderita ITP jumlah trombositnya hanya 20-25 ribu perkilo meter darah. Penyebab memar antara lain, karena tekanan benda keras, disebabkan terjatuh, terkena benturan dan atau terkena pukulan dan tendangan. Apabila Anda menemukan luka lebam/memar pada anak Anda segera lakukan pengobatan.

Mengobati lebam/memar pada anak:

  • Jika memar dan tidak luka, lakukan pengompresan pada anak dengan menggunakan kain halus yang telah di basahi dengan  air es kurang lebih selama 10 menit dan sedikit di tekan. Tujuanya untuk mengurangi pembengkakan.
  •  Jika memar dan terjadi pendarahan sebaiknya kompres dengan air hangat terlebih dahulu guna melancarkan aliran darah selama kurang lebih 15 menit, tujuanya agar supaya penyembuhan lebuh cepat.
  • Selain kompres dengan cara tradisional bisa gunakan kompres yang siap pakai, alat kompres jenis ini bisa di dapat di apotik dan toko obat sehingga pengompresan lebih simple dan praktis.
  • Gunakan minyak untuk olesan yang menimbulkan rasa panas dan dingin di area tubuh yang memar. Hindari menggunakan balsem atau obat gosok.
  • Gunakan olesan minyak hanya pada tubuh bagian luar yang bengkak, oleskan secara merata dan tipis.
  • Apabila menemukan memar pada bagian mata yang di akibatkan dari pukulan kompres dengan air dingin lalu ulangi kompres menggunakan air hangat, ulangi sampai memar hilang. Tidak perlu menggunakan minyak atau salep untuk memar di bagian mata. Pastikan luka memar pada bagian mata tidak menganggu pada penghilatan  anak Anda.
Maka dari itu orang tua di harapkan waspada terhadap luka memar/lebam. Segera kunjungi dokter apabila ada keluhan berkelanjutan.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates