Kamis, 15 Agustus 2013

Penyebab Pendarahan Setelah Melahirkan

Pendarahan postpartum merupakan proses normal di mana tubuh manusia membersihkan diri setelah kehamilan. Seorang wanita yang melahirkan akan mengalami kehilangan darah. Baik dalam persalinan normal maupun caesar, kehilangan darah akan terjadi dalam jumlah yang normal. Namun, kadang-kadang sejumlah besar perdarahan terjadi dan dapat berdampak buruk pada ibu dari anak yang baru lahir. Tanda-tanda kehilangan darah yang parah selama persalinan termasuk demam dan menggigil, infeksi, anemia, dan bahkan kekurangan oksigen ke otak.

Beberapa penyebab pendarahan setelah melahirkan antara lain atonia uteri, retensio plasenta, laserasi jalan lahir dan koagulopati (gangguan pembekuan darah).
Atonia uteri adalah kegagalan serabut-serabut otot miometrium uterus untuk berkontraksi dan memendek. Hal ini merupakan penyebab pendarahan postpartum yang paling penting dan biasa terjadi segera setelah bayi lahir hingga 4 jam setelah persalinan. Atonia uteri dapat menyebabkan perdarahan hebat dan dapat mengarah pada terjadinya syok hipovolemik.

Retensio plasenta, yaitu tertahannya atau belum lahirnya plasenta hingga lebih dari 30 menit setelah bayi lahir. Hampir sebagian besar gangguan pelepasan plasenta disebabkan oleh gangguan kontraksi uterus.
Laserasi/robekan  jalan lahir yang berupa robekan perineum, vagina serviks, forniks dan rahim. Hal ini dapat menimbulkan perdarahan yang banyak apabila tidak segera ditanggulangi.
Penyebab pendarahan setelah melahirkan selanjutnya bisa jadi rahim terenggang terlalu besar, pada kasus bayi terlahir dengan berat badan lebih dari 4 kg, kehamilan kembar, air ketuban yang meningkat 10 kali.
Kadang-kadang perdarahan ini tidak dapat dihindari dan kadang-kadang terjadi karena kelalaian dari seorang dokter yang tidak bertanggung jawab atau profesional medis lainnya. Jika malpraktik medis adalah alasan terjadinya perdarahan, kompensasi mungkin tersedia untuk para korban. Jadi, akan lebih baik jika Anda mengetahui lebih dulu apa penyebab pendarahan setelah melahirkan.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates