Kamis, 15 Agustus 2013

Tips Menangani Bayi Cegukan

Bayi Anda sering mengalami cegukan? Jangan khawatir karena cegukan merupakan kondisi yang sering dialami oleh bayi. Cegukan bukanlah penyakit yang berbahaya karena cegukan terjadi akibat adanya udara yang terjebak di dalam lambung bayi. Ini terjadi karena saluran pencernaan pada bayi belumlah sempurna. Jika sebagian orang tua menganggap bahwa cegukan adalah tanda bahwa bayi tengah haus atau lapar, itu adalah salah karena cegukan bukanlah tanda dari haus atau lapar. Cegukan merupakan gerakan reflek alami dari tubuh bayi yang dibarengi dengan suara khas yang terkadang terdengar keras dan terlihat menyiksa bayi. Seringnya bayi mengalami cegukan membuat para orang tua ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi.
Sebenarnya, mengatasi cegukan pada bayi bukanlah hal yang penting dan wajib dipelajari oleh para orang tua karena cegukan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, untuk menghilangkan kekhawatiran para ibu akibat cegukan yang dialami bayinya, maka simak beberapa tips bermanfaat berikut ini :

  1. Atur posisi yang baik dan benar saat menyusui. Pastikan posisi Anda menyusui bayi dengan baik dan benar karena posisi yang tidak tepat saat menyusui dapat mengakibatkan udara ikut tertelan bayi sehingga mengakibatkan cegukan.
  2. Kebiasaan menyendawakan bayi. Sendawakan bayi sesaat setelah proses menyusui berakhir, hal ini sangat efektif untuk mengeluarkan udara yang ikut tertelan dan gas berlebih dalam perut bayi.
  3. Menggosok atau memijat punggung. Saat bayi cegukan, Anda bisa menelungkumpkan bayi ke atas pangkuan untuk kemudian menggosok punggungnya dengan lembut hingga cegukan akan segera menghilang secara perlahan-lahan.
  4. Jadwal Makan dan Minum yang tepat pada bayiPerhatikan jadwal makan atau menyusui bayi, jangan biarkan bayi Anda kelaparan atau kehausan karena kondisi lapar akan membuat lambung bayi mengandung banyak gas yang memicu cegukan.
  5. Hindarkan bayi dari Udara dingin. Pastikan suhu kamar dalam kondisi normal, stel AC dalam posisi tidak terlalu dingin karena udara dingin dapat memicu bayi cegukan. Saat cuaca dingin, Anda bisa menghangatkan tubuh bayi dengan memakaikan sepatu dan sarung tangan atau menyelimuti tubuh bayi.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates