Kamis, 15 Agustus 2013

Membiasakan Balita Belajar Bekerjasama Dalam Kelompok

Bunda tentu bangga jika mempunyai buah hati yang cerdas dan pintar. Namun bunda, yang tidak kalah penting adalah kemampuan bekerjasama dalam kelompok. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok dapat dibiasakan kok bunda, lewat permainan yang mengasyikkan.
Kemampuan bekerja sama sangatlah diperlukan oleh anak bunda ketika anak bunda dihadapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Bunda tentu ingin anak bunda dapat berkawan dan bekerjasama dengan teman-temannya bukan. Biasakan balita bekerjasama dalam kelompok agar anak bunda terbiasa jika dihadapkan dengan masyarakat suatu saat nanti. Beberapa penelitian menunjukan kunci sukses seorang pengusaha adalah kemampuannya untuk bekerjasama dengan relasi, dan ternyata kemampuan kerjasama dapat dilatih sejak dini.

Latih bekerjasama dengan permainan

Cara paling tepat mengajari anak-anak adalah dengan bermain. Biasakan anak bunda bermain permainan yang sifatnya aktif dengan teman-temannya untuk mengajarkannya komunikasi. Beberapa permainan tradisional justru dipandang lebih baik mengajarkan kebiasaan kerjasama tim bunda. Permainan tradisional seperti benteng dapat mengajarkan kerjasama yang mengasyikkan serta melatih daya piker serta kreatifitas anak. Permainan benteng adalah permainan beregu dimana tiap regu bertanggung jawab menjaga benteng masing-masih. Kelompok yang mampu menyentuh benteng tanpa disentuh lawan kemudian meneriakkan benteng adalah pemenang. Bagi anggota kelompok yang berhasil tertangkap lawan akan dimasukkan ke penjara dan anggota kelompoknya bertanggung jawab mengeluarkannya dari penjara.
Permainan lain yang dapat mengajarkan buah hati anda kerjasama misalnya adalah petak umpet yang dimainkan dalam tim. Petak umpet saat dimainkan dalam tim dapat melatih kerjasama antara sesama tim pencari dan tim yang bersembunyi. Selain memalui permainan mengikutkan balita anda dalam kelompok tari, olah raga , drama dan sebagainya juga dapat membantu membiasakannya bekerjasama bunda.
Bunda, poin pentingnya adalah biasakan anak bunda berinteraksi dengan teman-temannya, namun tetap menjadi kewajiban bunda untuk mengawasi nya agar yang dilakukan anak bunda tetap positif. Sebisa mungkin hindarkan anak bunda dari kebiasaan terlalu sering memainkan game modern seperti play station yang kebanyakan adalah game individual.

Manfaat langsung bagi balita

Membiasakan balita bekerjasama memiliki manfaat yang penting bunda. Manfaat membiasakan balita belajar bekerjasama dalam kelompok adalah :
  1. Kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain
  2. Mengerti, memahami dan menaati aturan
  3. Mempunyai banyak teman serta bergembira bersama teman-temannya tersebut
  4. Mengerti dan memahami perasaan orang lain
  5. Mampu member perintah dan menaati perintah sesuai posisinya
  6. Membiasakan diri bekerjasama dengan orang lain.
Latihlah anak bunda untuk selalu berinteraksi dalam keluarga maupun dengan teman-temannya. Permainan-permainan yang mengasyikkan dapat menjadi sarana belajar yang ampuh lho bunda. Ingat bunda kesuksesan anak bunda kelak ditentukan juga pola ajar bunda sekarang ini. Biasakan balita belajar bekerja sama dalam kelompok mulai sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates