Jumat, 16 Agustus 2013

Mempersiapkan Jalan Lahir Sebelum Persalinan

Episiotomi atau pengguntingan daerah perineum (daerah antara mulut rahim dan anus) adalah hal yang ditakutkan sebagian Ibu hamil. Mendengar cerita dari salah seorang teman yang baru saja melahirkan dan melewati proses episi0tomi, Anda pasti ngeri mendengarnya. Agar terhindar dari proses episiotomi, Anda bisa mempersiapkan jalan lahir sebelum proses persalinan tiba.

Mempersiapkan Jalan Lahir

  • Pijat Perineum
Pijat Perineum adalah stretching super lembut pada jalan lahir yang dilakukan di minggu-minggu terakhir kehamilan Anda. Biasanya dilakukan pada usia kehamilan 34 minggu. Lama pemijatan untuk awal adalah 10 menit, kemudian di hari-hari terakhir menjelang persalinan turun menjadi 3 – 5 menit saja. Apa yang perlu Anda persiapkan? Siapkan minyak yang mengandung vitamin E seperti virgin coconut oil. Minyak ini akan berfungsi sebagai pelumas. Potonglah kuku jari Anda dan cuci tangan hingga bersih. Lakukan posisi duduk dengan kaki terbuka atau posisi seakan-akan Anda hendak melahirkan. Oleskan minyak pada jempol dan daerah perineum.
Usahakan Anda rileks karena akan mempengaruhi ketegangan otot perineum. Pijat daerah perineum dengan sedikit ditekan dari atas ke bawah (menuju anus) dan pijat juga ke arah kanan dan kiri secara bergantian. Lakukan pemijatan ini hingga daerah tersebut terasa sedikit panas. Lakukan selama 10 menit dengan perlahan. Setelah itu kompreslah dengan air hangat. Lakukan seminggu 5-6 kali. Saat mendekati persalinan lakukan setiap hari dengan durasi waktu 3-5 menit saja. Tujuan dilakukan pijat perineum adalah meningkatkan elastisitas jalan lahir
  • Senam Kegel
Senam kegel sangat bermanfaat bagi Ibu hamil karena senam ini dapat membuat otot jalan lahir menjadi lebih lentur dan lebih kuat saat menghadapi persalinan nanti. Senam kegel bisa dilakukan saat kehamilan Anda memasuki usia 4 bulan. Senam kegel sangat mudah dilakukan dan berikut ini adalah caranya. Ambil posisi terlentang, tekuk lutut Anda, dan renggangkan kaki (posisi hendak melahirkan). Kuatkan otot-otot vagina, seperti Anda menahan buang air kecil, selama 5 detik atau hitungan kelima. Lakukan itu sebanyak 25x setiap sesi latihan. Lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.
Dengan mempersiapkan jalan lahir secara fisik dapat sekaligus mempersiapkan mental untuk menghadapi persalinan.  Keikutsertaan senam hamil pada waktunya juga turut melengkapi kesiapan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates