Kamis, 15 Agustus 2013

Demam Dengue

Demam Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Ketika nyamuk Aedes Aegypti menggigit orang yang telah terinfeksi dengan virus dengue, maka nyamuk itu akan menjadi pembawa virus tersebut (carrier). Bila nyamuk ini menggigit orang lain maka orang tersebut dapat terinfeksi dengan virus dengue. Virus dengue sendiri tidak dapat menyebar langsung dari orang ke orang.
Demam Dengue disebabkan oleh 4 jenis virus yang serupa yang disebarkan oleh nyamuk dari keluarga Aedes yaitu DENV-1, DENV-2, DENV-3 dan DENV-4. Banyak anak yang terinfeksi virus dengue tidak memiliki gejala, sedangkan beberapa anak memiliki gejala ringan yang muncul dari 4 hari sampai 2 minggu sejak terinfeksi oleh nyamuk. Setelah anak-anak mengalami sakit, biasanya mereka akan menjadi kebal terhadap jenis virus tertentu, meskipun mereka masih dapat terinfeksi oleh salah satu dari 3 jenis virus lainnya.

Gejala Demam Dengue

Demam Dengue disebut juga dengan Breakbone Fever karena gejalanya disertai dengan sakit sampai ke tulang.
Gejala dari Demam Dengue meliputi :
- demam tinggi, dapat mencapai 40°C
- sakit di belakang mata, sendi, otot atau tulang
- sakit kepala
- ruam di sebagian besar tubuh
- pendarahan ringan dari hidung atau gusi
- mudah memar
Pada umumnya gejalanya akan ringan pada anak kecil dan mereka yang terinfeksi untuk pertama kalinya. Pada anak yang lebih besar, orang dewasa atau mereka yang pernah terinfeksi dapat mengalami gejala yang lebih parah.
Pada Demam Berdarah Dengue dan Dengue Shock Syndrome akan memiliki gejala demam dengue selama 2 sampai 7 hari. Setelah demam reda, maka gejala lain akan memburuk seperti :
- masalah pencernaan seperti mual, muntah, atau sakit perut
- perdarahan pada hidung, mulut dan gusi
- feses berwarna hitam yang menandakan adanya pendarahan di organ dalam
- rasa haus berlebihan
- kulit pucat dan dingin
- penurunan kesadaran dan mengantuk
- masalah pernapasan seperti kesulitan bernapas
Jika tidak diobati, dehidrasi, perdarahan berat, dan penurunan tekanan darah yang cepat (syok) dapat terjadi. Gejala-gejala ini mengancam kehidupan dan memerlukan perhatian medis segera.

Pengobatan Demam Dengue

Tidak ada pengobatan khusus untuk demam dengue. Kasus yang ringan dapat diobati dengan memberikan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan banyak istirahat. Untuk sakit kepala atau rasa sakit lainnya dapat diobati dengan penghilang rasa sakit seperti acetaminophen. Hindari penggunaan aspirin atau ibuprofen karena akan membuat pendarahan lebih mungkin.
Bila menjalani rawat inap di rumah sakit, biasanya dokter akan memberikan cairan intravena (IV) dan elektrolit (garam) untuk menggantikan cairan yang hilang karena muntah atau diare. Cara ini biasanya cukup efektif untuk mengobati penyakit selama terapi ini dilakukan sedini mungkin. Pada kasus yang cukup parah, dokter mungkin harus melakukan transfusi untuk menggantikan darah yang hilang.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates