Jumat, 16 Agustus 2013

Penyebab Gatal Pada Kehamilan Trimester 2

Gatal-gatal kerap kali menjadi salah satu bagian pengganggu bagi wanita yang sedang hamil. Ini dikarenakan kulit wanita menjadi lebih sensitif ketika dia sedang hamil. Ditambah dengan kebiasaan yang kurang baik jika dilakukan pada waktu hamil seperti mandi dengan menggunakan air hangat, mandi berlama-lama, mandi dengan memakai spons dan menggosoknya ke permukaan kulit dengan terlalu keras,  akan membuat lapisan kulit epidermis  mengelupas sehingga kulit menjadi sangat mudah gatal. Dengan membesarnya perut ibu dari hari ke hari maka daerah-daerah lipatan di sekitar perut akan semakin banyak dan ini memiliki resiko lebih besar terinfeksi dan terasa gatal.  Rasa gatal tersebut juga bisa disebabkan oleh alergi tertentu baik pada alergi obat, makanan, vitamin, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, gatal ini juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan-gangguan tertentu pada tubuh seperti yang sering terjadi pada wanita hamil yaitu autoimum, eksim, biduran, stretch mark, dan lain sebagainya.

Untuk  penyebab gatal pada kehamilan trimester 2  yang lain adalah kholestatis. Kholestatis merupakan gangguan fungsi saluran empedu yang disebabkan oleh penyaluran asam empedu yang tidak normal dari organ hati ke organ usus kecil. Gangguan ini bisa menjadi penyebab rasa gatal pada ibu hamil. Rasa gatal tersebut diakibatkan oleh adanya gangguan pada saluran empedu sehingga fungsi pada kandung empedu menjadi berkurang. Pengurangan fungsi kandung empedu ini menyebabkan meningkatnya bilirubin pada organ hati sehingga ketika memasuki aliran darah bisa memunculkan rasa gatal.  Adapun gejala gangguan ini adalah adanya pruritus yang sering muncul pada trimester dua dan tiga. Urin berubah warna menjadi gelap, sedangkan warna mata dan juga kulit menjadi kuning. Pruritus muncul pada bagian perut akibat distensi pada kulit di daerah perut. Ini seringkali menimbulkan stretch mark yang sangat sulit dihilangkan bahkan ketika sudah melahirkan. Untuk rasa gatal akibat kholestasis tersebut ada hubungannya dengan naiknya kadar pada asam empedu.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil supaya rasa gatal tersebut tidak menyebabkan efek lebih lanjut adalah dengan menahan untuk tidak menggaruknya secara berlebihan atau kasar, terutama pada bagian perut. Jika muncul rasa gatal sebaiknya ibu hamil segera periksa ke dokter untuk penanganan dini. Meskipun tidak terlalu berbahaya,  akan tetapi membiarkannya supaya tidak berkelanjutan merupakan tindakan yang bijaksana. Dengan mengenali penyebab gatal pada kehamilan trimester 2  diharapkan ibu hamil lebih berhati-hati lagi, seperti tidak mandi terlalu lama dan sering menggunakan air hangat. Jika takut dingin sebaiknya mandi menjelang sore seperti jam 3 sampai jam 5. Badan tetap segar dan biasanya tidak terlalu dingin. Usahakan juga untuk tidak menggunakan spons yang kasar saat mandi.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates