Kamis, 15 Agustus 2013

Tips Tidur Nyenyak Pada Kehamilan Trimester 2

Masa kehamilan memang masa-masa yang cukup menyulitkan dan beresiko bagi wanita. Memasuki trimester 2, terjadi berbagai perubahan pada ibu hamil, baik perubahan fisik maupun perubahan psikologis.  Akibat terjadinya perubahan-perubahan tersebut, maka bisa menimbulkan beberapa masalah bagi ibu hamil. Salah satunya adalah kesulitan untuk tidur. Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah sulit tidur, contohnya adalah perut yang semakin besar yang tidak memungkinkan bagi ibu hamil untuk tidur dengan bebas seperti yang biasa dia lakukan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, tidak berarti masalah ini tidak bisa diatasi. Berikut adalah tips tidur nyenyak pada kehamilan trimester 2:

  1. Pilih Posisi Yang Nyaman 
    Menyamankan diri dengan mencari posisi yang enak untuk tidur. Ini bisa dilakukan dengan mencoba beralih dari satu posisi yang satu ke posisi yang lain. Yang pasti adalah tidak tengkurap, karena ini tidak memungkinkan bagi wanita hamil. Posisi tidur wanita hamil yang paling nyaman dan baik untuk kesehatan adalah posisi memiringkan tubuh kesebelah kiri. Posisi ini membuat aliran darah lancar, terutama ke arah plasenta.
  2. Kenakan Baju Yang Nyaman
    Penting bagi setiap orang untuk memperhatikan baju yang dikenakannya sebelum tidur, apalagi wanita yang sedang hamil. Pakaian yang dikenakan harus yang nyaman dan kalau bisa berbahan katun. Jangan pula memakai baju yang terlalu ketat, atau berbahan tidak nyaman karena akan membuat tidur tidak nyaman pula.
  3. Mandi Air Hangat
    Akan lebih nikmat jika mandi dengan air hangat sebelum tidur. Air hangat ini bisa memberi efek menenangkan saraf sehingga badan lebih nyaman. Dengan kondisi badan yang bersih maka akan mempermudah setiap orang untuk cepat tidur.Mencuci Muka  Cuci muka dan menggosok gigi juga salah satu tips tidur nyenyak pada kehamilan trimester 2. Ada juga orang yang menggunakan wewangian tertentu pada tubuh mereka untuk memberi efek menenangkan.
  4. Mencuci Muka
    Cuci muka dan menggosok gigi juga salah satu tips tidur nyenyak pada kehamilan trimester 2. Ada juga orang yang menggunakan wewangian tertentu pada tubuh mereka untuk memberi efek menenangkan.
  5. Atur Pernafasan
    Cara yang paling mudah supaya mudah tertidur adalah dengan mengatur pernafasan. Dengan menarik nafas yang panjang akan mengurangi ketegangan yang ada pada otot. Ini bisa dilakukan secara berulang-ulang hingga tubuh menjadi lebih rileks.
  6. Lakukan Olah Raga
    Dalam keadaan hamil bukan berarti wanita tidak boleh berolahraga. Ada aktifitas olahraga sendiri yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang hamil. Dengan olahraga tubuh akan menjadi lebih sehat dan setelah olahraga biasanya akan cepat untuk tidur.
  7. Minum Susu
    Minum susu hangat sebelum tidur akan sangat membantu tidur dengan cepat dan pulas. Susu juga sangat bagus untuk kesehatan. Tetapi perlu diketahui bahwa susu yang bagus untuk diminum agar cepat tidur adalah susu yang mengandung asam amino tryptophan.
  8. Dengarkan Musik
    Tips tidur nyenyak pada kehamilan trimester 2 yang lain adalah musik. Ternyata mendengarkan alunan lagu yang lembut bisa mendinginkan otak dan menciptakan suana syahdu yang membuat orang mudah tertidur. Untuk jenis musik yang bagus untuk bayi dan ibu hamil sendiri adalah musik klasik. Musik jenis ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak bayi.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates