Kamis, 15 Agustus 2013

Tujuh Tips Ibu Baru Melahirkan Nyaman di Rumah

Menyambut si kecil sebagai anggota baru di rumah tentu menyenangkan.  Sejak jauh-jauh hari Anda dan pasangan sudah menyiapkan kedatangan si kecil. Mulai dari keperluan mandi, baju, tempat tidur dan keperluan-keperluan bayi lainnya.  Tak kalah penting yang harus Anda siapkan adalah beberapa hal sepulang Anda dan bayi dari rumah sakit nanti.

Tujuh Persiapan di Rumah :

  1. Rumah yang Bersih.  Si kecil yang masih rentan terhadap penyakit itu harus tetap terjaga kondisi kesehatannya. Mintalah kerabat atau asisten rumah tangga Anda untuk membersihkan seisi rumah sebelum Anda dan si kecil pulang ke rumah. Rumah yang bersih akan terasa nyaman untuk Ibu dan anak.
  2. Siapkan Keperluan Bayi. Usai melahirkan biasanya Anda masih lemah dan belum bisa bergerak banyak. Usahakan keperluan bayi seperti baju, bedak, tisu basah diletakkan tidak jauh dari jangkauan Anda. Anda bisa meletakkan baju si kecil dan keperluan lainnya di dekat tempat tidur.
  3. Pengasuh Bayi.  Untuk Anda yang akan kembali bekerja usai melahirkan, mempersiapkan pengasuh untuk bayi Anda sudah bisa dilakukan sejak si kecil baru dilahirkan. Selama masa cuti, Anda bisa bergantian mengasuh bayi dengan sang pengasuh. Selain untuk pengenalan si kecil dengan pengasuhnya, Anda juga bisa beristirahat.
  4. Ayunan Bayi atau Tempat Tidur Bayi. Sebagian orangtua bayi sudah menyiapkan box khusus untuk bayi, sebagian bayi ada yang lebih suka diayun sebagai pengantar tidur. Box bayi melatih bayi Anda untuk mandiri sejak dini, sementara ayunan kadang digunakan untuk membuat bayi Anda lebih rileks.  Sebaiknya Anda siapkan keduanya.
  5. Siapkan Keperluan Ibu.  Beberapa keperluan yang tentu Anda pakai pasca melahirkan adalah baju menyusui, bantal menyusui, pembalut, bra menyusui dan alas kaki selama di rumah. Letakkan barang-barang tersebut tak jauh dari Anda, jadi Anda bisa meraihnya tanpa perlu bantuan orang lain.
  6. Breast Pump dan Keperluan untuk Menyimpan ASI Perah.  Breast Pump atau alat pompa Air Susu Ibu (ASI) bisa Anda gunakan saat payudara Anda terlalu bengkak atau jika Anda akan kembali bekerja, Anda mulai menabung ASI untuk bayi Anda. Anda bisa meletakkan ASI Perah di botol-botol kaca dan menyimpannya di kulkas.
  7. Kursi Goyang atau Kursi Khusus Menyusui.  Posisi menyusui yang benar akan berdampak positif pada Anda dan bayi. Menyusui juga disarankan dalam posisi Anda duduk sambil menggendong bayi. Kursi goyang atau kursi khusus untuk menyusui bisa Anda siapkan di rumah. Kursi goyang akan membuat Anda dan bayi lebih rileks saat menyusui.
Dengan mengantisipasi hal-hal yang perlu disiapkan di atas, diharapkan kelelahan ibu setelah melahirkan lebih cepat pulih dan bayi baru lahir juga dapat dirawat dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates