Kamis, 15 Agustus 2013

Tips Menghilangkan Bekas Luka Cacar Air Pada Bayi

Apakah anda sedang mencari tips menghilangkan bekas luka cacar air pada bayi? Jika memang demikian, anda sebenarnya sedang melakukan langkah yang tepat karena semakin awal anda tahu jawaban atas pertanyaan tersebut, makin besar kemungkinan untuk membuat penyakit cacar air tidak meninggalkan bekas sama sekali. Semakin dewasa, akan semakin sulit dan rumit, maka anda setidaknya harus bersyukur jika anak anda terserang cacar air ketika bayi. Fakta mengenai imunisasi cacar dapat dipelajari di sini.

Melalui Perawatan Khusus
Jika anda berpikir bahwa anda harus menggunakan ramuan ini dan itu untuk menghilangkan bekas luka cacar air, nanti dulu. Hal itu bisa dilakukan jika bayi anda sudah sembuh dari sakitnya. Pada dasarnya, upaya menghindari membekasnya bintil cacar dapat dilakukan lewat perawatan yang benar saat anak anda masih dalam masa sakit. Pertama, gantilah pakaiannya rutin setiap hari. Kedua, anda bisa menaburkan bedak anti gatal pada sekujur tubuh bayi agar rasa gatalnya berkurang. Langkah ini juga bermanfaat untuk membantu mengeringkan bintil dan menghilangkan ruam.
Selain itu, anda juga bisa mencegah bintil cacar air agar tidak berbekas dengan cara memandikan bayi anda dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan obat anti gatal. Jangan lupa untuk memotong kukunya secara teratur agar terhindar dari infeksi (yang akhirnya akan membekas) akibat garukan yang tidak disengaja. Bila perlu, kenakan kaus tangan supaya jari-jarinya tidak menyentuh bintil yang berisi cairan atau bahkan bernanah. Begitupun dengan kuku di jari kaki mereka yang bisa saja melukai bintil di sekujur betis.

Melalui Penggunaan Obat Tradisional
Perawatan yang baik saja mungkin tidak cukup bagi anda, maka anda pun berpikir untuk menggunakan cara lain. Salah satu tips menghilangkan bekas luka cacar air pada bayi secara tradisional yang bisa anda coba adalah menempelkan parutan jagung muda di area yang umumnya terdapat bintil-bintil cacar. Jika menggunakan parut cukup merepotkan, anda bisa menghaluskan jagung muda dengan menggunakan blender. Selain memberikan efek dingin (umumnya bintil cacar air menyebabkan rasa nyeri dan panas), jagung muda yang dihaluskan juga dipercaya sebagai obat yang efektif untuk menghilangkan bekas cacar air.
Selain jagung muda, kacang hijau juga sudah lama dikenal sebagai solusi yang ampuh untuk menghilangkan bintil cacar air dan agar nantinya tidak meninggalkan bekas. Caranya, ambil kacang hijau secukupnya dan siapkan air untuk merendam hingga kacang hijaunya membesar. Tumbuk halus dan oleskan di bagian yang ada bintilnya. Cara ini juga bisa dilakukan kendati bayi anda sudah sembuh dari cacar air sejak beberapa waktu yang lalu. Untuk menghilangkan bekas luka di area wajah, kacang hijau halus juga cukup aman digunakan.
Jagung dan kacang hijau sudah cukup populer, namun kunyit barangkali tidak begitu familiar bagi sebagian orang sebagai rempah-rempah berkhasiat yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka cacar air. Siapkan rimpang kunyit dan asam jawa (dagingnya saja) secukupnya. Campur kedua bahan tersebut dan haluskan dengan menggunakan alat penumbuk tradisional. Setelah itu, tambahkan minyak kelapa secukupnya dan taruh campuran ini diatas sendok lalu panaskan diatas lilin sebentar dan tunggu hingga dingin. Oleskan pada daerah yang terdapat bekas luka dengan menggunakan cotton buds. Demikianlah beberapa tips menghilangkan bekas luka cacar air pada bayi, semoga bermanfaat. Pelajari juga cara penanganan bayi yang terkena cacar agar Anda tidak panik saat buah hati sakit.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates