Kamis, 15 Agustus 2013

Menangani Bayi 9 Bulan Yang Mulai Memanjat

Dengan berjalannya waktu, bayi belajar berdiri, belajar untuk memanjat. Ini adalah keterampilan yang berbeda tetapi juga melibatkan koordinasi kaki, mengangkat badan, dan menggunakan lengan untuk menarik tubuh ke atas.

Tips Menangani Bayi 9 Bulan Yang Mulai Memanjat

  1. Setelah bayi belajar merangkak, saatnya untuk memanjat apapun yang dapat dipanjat seperti tangga, kursi, atau box tidurnya. Di usia 9 bulan, bayi mulai memanjat. Setelah bayi berhasil memanjat ke atas, saatnya ia berstrategi untuk aman sampai di bawah kembali. Anda dapat menunjukkan kepadanya bagaimana bergeser di atas perutnya, gerakan kedua kakinya yang akan membawanya ke tempat lebih rendah. Bersabarlah, ini akan memerlukan waktu untuknya sehingga menjadi master.
  2. Anda harus memantau kegiatan memanjat tersebut. Kegiatan memantau mungkin membosankan, tapi ini penting dilakukan untuk keselamatan bayi Anda. Jika di rumah terdapat tangga, bayi pasti ingin memanjat tangga. Untuk menangani bayi 9 bulan yang mulai memanjat tangga, Anda harus mengikutinya. Berikan motivasi bahwa ia bisa melakukannya dan juga tunjukan padanya bagaimana caranya menuruni tangga tersebut. Tentunya Anda pun tidak dapat memantau kegiatannya setiap saat karena Anda harus mengurus rumah. Oleh karena itu ada baiknya untuk memasang pagar pengaman di bawah tangga. Agar si bayi tidak dapat memanjat tangga ketika Anda sedang sibuk.
  3. Menangani masalah tempat tidurnya. Jika biasanya tidur di box, hal ini tentunya sangat beresiko karena bayi sudah mulai memanjat yang mana ketika bayi bangun pasti ia akan memanjat box dan akan menyebabkannya terjatuh. Anda harus antisipasi hal ini dengan cara menidurkannya di lantai dengan matras yang tebal (agar tidak kedinginan) atau menidurkan di tempat tidur Anda dengan memeriksanya beberapa menit sekali.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates