Kamis, 15 Agustus 2013

Melatih Balita Belajar Pakai Sepatu Sendiri

Balita belajar pakai sepatu sendiri tentu membutuhkan latihan. Balita belajar pakai sepatu sendiri tentunya melalui proses dan tahapan yang berbeda antara satu anak dengan anak lainnya. Karenanya, membiasakan anak sejak dini lebih baik agar mereka mandiri dalam hal kecil kemudian beranjak pada hal yang besar. Biasanya balita mulai dari usia 2 hingga 4 tahun sudah diajari memakai sepatu dengan benar.
Melatih balita belajar pakai sepatu sendiri tentunya membutuhkan bantuan orang tua ataupun pengasuhnya. Biasanya dapat distimulasi perkembangan motoriknya hingga akhirnya balita mampu memakai sepatunya sendiri. Jika orang tua ataupun pengasuhnya melatih dengan menyenangkan tanpa ada kata-kata kasar pada diri balita, tentunya akan menambah stimulasi balita belajar pakai sepatu sendiri berjalan cepat.

Balita Belajar = Balita Mandiri

Usia di bawah lima tahun termasuk usia belajar yang mudah, asalkan dibimbing dan diberi contoh maka balita akan sanggup meniru untuk memakai sepatu sendiri. Di umur 2 tahun, umumnya balita telah dapat memasukkan kaki ke dalam sepatu. Maka tidak heran dia akan mencoba sepatu orang tuanya, sekaligus memakainya dengan senang hati walaupun sepatu tersebut terlalu besar baginya.
Memasuki usia tiga tahun, balita belajar pakai sepatu sendiri akan dapat dilakukannya seorang diri tanpa bantuan siapapun. Dia akan dapat memakai sepatu serta mengaturnya dengan bantuan kedua tangan. Kemudian balita mampu mengancingkan sepatu, meskipun terkadang dia membutuhkan bantuan agar terkancing dengan benar.

Memudahkan Balita Belajar Pakai Sepatu Sendiri

Berikut ini beberapa tips agar balita belajar pakai sepatu sendiri dengan mudah:
  • Belikan Sepatu Yang Cocok. Setiap umur balita mempunyai jenis sepatu sendiri-sendiri, sehingga orang tua harus jeli dalam memilih tipe sepatu bagi anaknya. Di usia 2 tahun sebaiknya balita dibelikan sandal dan sepatu pantovel. Bila memungkinkan belikan sepatu berbahan velkro. Pada usia 3 tahun, balita akan senang bila mendapati sepatunya terdapat kancing atau semacamnya. Sehingga dia dapat belajar untuk mengancingkan sepatunya sendiri.
  • Beri Kesempatan Belajar. Orang tua sering menganggap balitanya belum mampu untuk melakukan sesuatu dengan mandiri, seperti halnya pada balita belajar pakai sepatu sendiri. Umumnya dikarenakan tergesa-gesa atau memerlukan waktu cepat maka orang tua memakaikan sepatu pada anaknya. Tanpa disadari hal tersebut akan meminggirkan peran serta balita untuk hidup mandiri. Balita adalah usia terbaik bagi anak untuk belajar mandiri dan mengenal dunia dengan caranya sendiri. Maka berilah kesempatan bagi balita Anda untuk belajar sebanyak-banyaknya, begitu pula dengan belajar memakai sepatu.
Tulisan tentang melatih balita belajar pakai sepatu sendiri ini akan dapat membantu Anda bila memberikan kesempatan belajar mandiri pada balita di rumah. Ajarilah dia untuk memakai sepatu dengan benar, misalnya mendahulukan kaki kanan dan mengucapkan doa sewaktu memakai sepatu.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates