Sabtu, 17 Agustus 2013

Keuntungan Berolahraga untuk Si Kecil

“Dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”, pepatah lama tersebut memang benar adanya. Tubuh yang kuat karena rajin berolahraga secara langsung juga merangsang perkembangan otak menjadi lebih baik, sehingga akibat yang ditimbulkan dalam kejiwaan atau mental seseorangpun juga menjadi baik. Tak hanya menjadi sehat, olahraga juga merupakan sarana untuk menghindarkan diri dari gangguan penyakit atau bahkan bisa menyembuhkan suatu penyakit, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Seseorang yang melakukan olahraga secara teratur dan disiplin akan terhindar dari berbagai penyakit tiga kali lipat dibanding orang yang jarang melakukan olahraga. Oleh sebab itu akan lebih baik jika olahraga diterapkan sedini mungkin dalam keluarga, terutama untuk anak-anak. Dalam masa pertumbuhan anak, selain asupan gizi yang diperlukan, olahraga juga memiliki peranan yang sangat penting, seperti membantu pembentukan tulang. Lalu apa saja sih keuntungan berolahraga untuk si kecil? Silahkan baca lebih detil artikel berikut ini.

Banyak keuntungan berolahraga untuk si kecil yang bisa membantu orangtua dalam menghadapi tumbuh kembang anak, antara lain :

  1. Melatih otot tubuh menjadi kuat Dengan keteraturan dan disiplin dalam berolahraga, secara langsung melatih sendi dan otot tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Tubuhpun tak mudah terserang penyakit.
  2. Meningkatkan kecerdasan otak anak, karena dengan berolahraga akan membantu merangsang pertumbuhan otak hingga anak mampu berkonsentrasi pada tugas atau pelajaran serta mampu mengatur waktu menjadi lebih efektif.
  3. Olahraga menjadi sarana untuk bersosialisasi dan meningkatkan kepercayaan diri. Bertemu dengan banyak teman dalam olahraga yang sama menjadikan anak mampu menciptakan komunikasi dengan sendirinya, sehingga mereka mampu menentukan sikap dalam setiap kondisi. Tak hanya itu kepercayaan diripun akan terbentuk dengan sendirinya.
  4. Mencetak prestasi. Tekun dalam salah satu bidang olahraga akan membuat anak mampu berprestasi. Dengan mengikuti berbagai kejuaraan dalam olahraga, anak akan termotivasi untuk meraih yang terbaik.
  5. Mengajarkan kerjasama. Anak akan terlatih untuk bekerjasama dengan baik melalui tim dalam olahraga. Dengan begitupun anak akan mampu menghargai setiap pencapaian dalam sebuah pertandingan.
  6. Menghindarkan anak dari pergaulan bebas dan nakal. Waktu akan terisi dengan baik dan membuat anak tak lagi memiliki kesempatan untuk melakukan hal yang tak baik.
Keuntungan berolahraga untuk si kecil akan segera terlihat hasilnya ketika orangtua tekun menerapkan olahraga bagi anak.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates